[SALAH] Seluruh Warga Jombang dan Santri Pesantren Tebu Ireng Dukung Anies – Yenny Wahid di Pemilu 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi yang salah. Narasi dan cuplikan video tidak berkaitan dengan dukungan dari seluruh warga Jombang dan santri Pesantren Tebu Ireng kepada pasangan Anies Baswedan – Yenny Wahid.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1686823790.391546/singlefile.html (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Pecah Total:exclamation:Seluruh Warga Jombang & Santri Ponpes Tebu Ireng Gusdur Do’akan Anies-Yebby Wahud 2024:bangbang:

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube LIDAH RAKYAT mengunggah video dengan klaim bahwa seluruh warga Jombang dan santri Pesantren Tebu Ireng mendoakan pasangan Anies Baswedan dan Yenny Wahid dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid mengenai dukungan tersebut. Narasi dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Tempo dengan judul “Yenny Wahid Disanding-sandingkan dengan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024, Begini Profil Putri Gus Dur.”

Dalam artikel yang diunggah pada 18 Januari 2023 tersebut berisi tentang tanggapan santai Yenny Wahid ketika disandingkan dengan calon presiden usungan Partai NasDem, Anies Baswedan. Namun menurut Yenny, urusan nama calon presiden dan calon wakil presiden merupakan urusan internal Partai NasDem.

Sebelumnya, politikus NasDem Effendy Choiri alias Gus Choi mengatakan ada sejumlah nama dari NU yang bisa menjadi calon wakil presiden untuk Anies Baswedan.

Adapun nama-nama yang dimaksud yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Tengan Taj Yasin Maimoen, hingga Yenny Wahid.

Dalam artikel tersebut juga dituliskan profil dan perjalanan karier Yenny Wahid.

Selain itu, cuplikan video yang diunggah bukan merupakan momen dukungan warga Jombang dan santri Pesantren Tebu Ireng. Pada awal video Yenny mengucapkan, “hari ini Jakarta jadi ijo royo-royo.” Setelah dilakukan penelusuran, momen tersebut adalah pada saat Yenny memberikan pidato dalam acara Hari Lahir Muslimat NU ke-73 pada 27 Januari 2019 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.tempo.co/read/1680929/yenny-wahid-disanding-sandingkan-dengan-anies-baswedan-untuk-pilpres-2024-begini-profil-putri-gus-dur
– https://nasional.kompas.com/read/2019/01/27/08593541/yenny-wahid-hari-ini-jakarta-jadi-ijo-royo-royo