[SALAH] Anies Beri Solusi Banjir dengan Menunggu Kemarau

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Ide Anies mengenai solusi banjir tinggal tunggu kemarau tidak benar. Faktanya, informasi tersebut juga ditemukan pada Juni 2020 dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Parodi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1686969290.512714/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“SOLUSI BANJIR ITU MUDAH TINGGAL TUNGGU MUSIM KEMARAU”
Caption
“Solusi banjir itu mudah tinggal tunggu kemarau ide si Anies”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook An Nisa memposting sebuah gambar Anies disertai narasi “SOLUSI BANJIR ITU MUDAH TINGGAL TUNGGU MUSIM KEMARAU”. Postingan tersebut diunggah pada 26 Maret 2023.

Setelah ditelusuri gambar tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Berdasarkan salah satu artikel turnbackhoax.id hoaks tersebut muncul pada bulan Juni 2020. Tidak ada berita yang menginformasikan bahwa Anies mempunyai solusi banjir dengan menunggu musim kemarau. Lebih lanjut jika gambar tersebut ditelusuri menggunakan Yandex ditemukan gambar yang sama pada artikel detik.com dalam artikel berjudul “Anies: Anggaran Lem Aibon Diramaikan tapi DKI Provinsi Bebas Korupsi”. Gambar tersebut hasil jepretan Rizal Bahari.

Dengan demikian ide Anies mengenai solusi banjir tinggal tunggu kemarau tidak benar. Hal tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar, sehingga masuk dalam kategori konten parodi.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2020/06/29/salah-anies-sebut-solusi-banjir-adalah-tinggal-tunggu-musim-kemarau-2/
https://news.detik.com/berita/d-4817560/anies-anggaran-lem-aibon-diramaikan-tapi-dki-provinsi-bebas-korupsi