[SALAH] Marah Tak Terima Muslim Palestina di Aniaya, Rusia Bersama Negara-Negara Islam Siap Lenyapkan Israel

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Tidak ditemukan informasi valid mengenai pernyataan resmi dari pemerintah Rusia bahwa Rusia siap lenyapkan Israel karena tidak terima Palestina dianiaya Israel. Penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan kumpulan beberapa video yang tidak berkaitan disertai dengan narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686736446.490381/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
Marah Tak Terima Muslim Palestina di Aniaya, Rusia Bersama Negara-Negara Islam Siap Lenyapkan Israel

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Aye Channel mengunggah video dengan judul: “Marah Tak Terima Muslim Palestina di Aniaya, Rusia Bersama Negara-Negara Islam Siap Lenyapkan Israel” pada tanggal 18 April 2023. Video memberikan narasi suara berupa konflik Palestina dan Israel serta klaim bahwa Amerika merupakan sekutu Israel dengan Rusia sebagai lawan seimbang Amerika.

Dalam video yang diunggah tidak ditemukan informasi valid mengenai pernyataan resmi dari pemerintah Rusia bahwa Rusia siap lenyapkan Israel karena tidak terima Palestina dianiaya Israel. Penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan kumpulan beberapa video yang tidak berkaitan disertai dengan narasi yang menyesatkan.

Video pertama yang dicuplik adalah video bentrokan yang terjadi di sekitar masjid Al Aqsa. Video tersebut identik dengan liputan akun Youtube On Demand News yang diunggah pada tanggal 8 Mei 2021 dengan judul “HUNDREDS Injured in Jerusalem During Intense Clashes Around Al-Aqsa Mosque”.

Video kedua yang dicuplik adalah video pertemuan antara Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presien Turki, Recep Tayyip Erdogan di ibu kota Kazakh yang diunggah akun Youtube AFP News Agency pada tanggal 13 Oktober 2022.

Video ketiga yang diunggah adalah video pernyataan dari Presiden Amerika Serikat, Joe Biden setelah pertemuan dengan para pemimppin NATO di Brussels yang membahas mengenai Ukraina. Pernyataan tersebut diliput secara langsung di akun Youtube Reuter pada tanggal 25 Maret 2022.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=rAo91mvwOmA
https://www.youtube.com/watch?v=hyoy4IIKyrs
https://www.youtube.com/watch?v=zgvQOEQrmYc