[SALAH] Andalkan Kesaktian Ilmu Mistis Suku Dayak,Indonesia Bisa Lumpuhkan Senjata Nuklir Amerika dan Israel

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang menyesatkan. Video merupakan editan dari cuplikan video acara budaya Gawai Dayak Kabupaten Ketapang dan video promosi pendaftaran Komcad dari Kementerian Pertahanan. Tidak ada informasi valid yang membuktikan bahwa ilmu mistis bisa mengalahkan senjata nuklir.

= = = = =

Kategori : Konten yang Menyesatkan

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686736265.779562/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
Andalkan Kesaktian Ilmu Mistis Suku Dayak,Indonesia Bisa Lumpuhkan Senjata Nuklir Amerika dan Israel

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Aye Channel mengunggah video dengan judul: “Andalkan Kesaktian Ilmu Mistis Suku Dayak,Indonesia Bisa Lumpuhkan Senjata Nuklir Amerika dan Israel” pada tanggal 28 Mei 2023.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang tidak saling berhubungan disertai narasi yang menyesatkan. Tidak ada informasi valid yang membuktikan bahwa ilmu mistis bisa mengalahkan senjata nuklir.

Video pertama yang dicuplik adalah video yang identik dengan acara budaya “Gawai Adat Ketapang” yang merupakan acara budaya suku Dayak di Kalimantan Barat seperti yang dilansir dalam liputan akun Youtube Tribunnews pada tanggal 19 Mei 2023.

Video kedua yang dicuplik adalah video promosi pendaftaran komponen cadangan TNI yang diunggah di akun Youtube resmi Kemhan RI pada tanggal 14 Januari 2023.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=8TlIDzrjvKI
https://www.youtube.com/watch?v=WgYuVAvSrSs
https://www.youtube.com/watch?v=Kt6Mc-vJ4So