[SALAH] Video “RIZAL RAMLI DI SIKAT TNI HINGGA JADI BEGINI”

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan TNI. FAKTA: video menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, berisi pembacaan artikel dari media dan potongan-potongan video dari peristiwa yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/teTNq (arsip cadangan).

NARASI: * “BREAKING NEWS…!!
GAWAT..ANCAM PENJARAKAN JOKOWI !!
RIZ4L R LANGSUNG DI SIKAT TNI HINGGA JADI BEGINI” (di gambar pratinjau).

* “ANC4M PENJ4R4K4N JOKOWI BERBUNTUT PANJANG..RIZAL R DISIK4T TNI HINGGA JADI BEGINI..” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan TNI. Video menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, berisi pembacaan artikel dari media dan potongan-potongan video dari peristiwa yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Artikel yang dibaca, suara.com pada 14 Des 2022: “Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Ali Mochtar Ngabalin kembali menyita perhatian publik akibat cuitannya. Sebab Ngabalin mengunggah postingan yang cukup pedas kala menanggapi pernyataan Rizal Ramli. …” [2]

FAKTANYA, konteks yang BENAR dari video yang digunakan potongannya oleh SUMBER adalah permasalahan antara Rizal Ramli dengan Surya Paloh, BUKAN dengan TNI atau Jokowi. Salah satu sumber yang konteksnya BENAR dengan segmen video yang identik, KOMPASTV di YouTube pada 16 Okt 2018: “Ekonom Rizal Ramli melaporkan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh atas tuduhan pencemaran nama baik ke Bareskrim Mabes Polri. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “rizal ramli laporkan surya paloh” (pencarian dibatasi di tahun 2018) [4]

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “rizal ramli laporkan surya paloh” (pencarian dibatasi di tahun 2018) [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] suara.com: “Rizal Ramli ‘Ancam’ Jokowi Bisa Dipenjara Jika Tidak Mundur Baik-baik, Ali Mochtar Ngabalin: Kasihan…”, https://bit.ly/3X8N50T / https://archive.ph/SOHgA (arsip cadangan).

[3] yotube.com: “Rizal Ramli Laporkan Surya Paloh ke Bareskrim Polri”, https://bit.ly/3oSSVXI / https://archive.ph/WUe4P (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3oR3rid / https://archive.ph/GNlzl (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3CmxPUA / https://archive.ph/fdaWe (arsip cadangan).