[SALAH]  KEKEUH DUKUNG ANIES !! RATUSAN KADER PAN BAK4R & SEGEL KANTOR DPW 

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Aksi pembakaran bukan terkait Anies Baswedan, melainkan aksi protes yang dilakukan simpatisan Partai Demokrat terkait masalah internal partai pada Januari 2022 lalu.

==============
[KATEGORI]

Koneksi yang salah

==========
[SUMBER]

Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1686320585.856349/singlefile.html

==============
[NARASI]

“Dikecewakan Zulhas
KADER TERBAIK MUNDUR MASSAL RATUSAN KADER SEGEL KANTOR DPW & BAKAR ATRIBUT PARTAI

KEKEUH DUKUNG ANIES !! RATUSAN KADER PAN BAK4R & SEGEL KANTOR DPW || BERITA TERBARU”

===============
[PENJELASAN]

Kanal Youtube Teropong Istana mengunggah video dengan klaim kader Partai Amanat Nasional (PAN),  melakukan aksi pembakaran dan penyegelan kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) karena dukungan partai terhadap Anies Baswedan. Video yang telah dilihat 4,5 ribu kali itu, menampilkan thumbnail suasana pembakaran atribut partai yang diklaim terjadi di depan kantor DPW PAN.

Faktanya, klaim tersebut salah.Tidak ada informasi mengenai aksi protes yang dilakukan Kader PAN hingga pembakaran atribut. Foto pada thumbnail justru berbeda dengan klaim yang disebutkan.

Berdasarkan pencarian Google Image, foto asli pada thumbnail merupakan foto aksi protes simpatisan Partai Demokrat pada Januari 2022 karena kecewa dengan keputusan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang memilih Leonardus Lelo sebagai Ketua DPD Demokrat NTT. Foto tersebut didapat dari artikel tribunews.com dengan judul “Bakar Atribut Partai Demokrat di Riau, Agung Sebut Pelakunya Banyak Bukan Kader, Lantas Siapa?.”

Dapat disimpulkan bahwa unggahan kanal Youtube tersebut adalah salah. Judul, gambar, video yang ditampilkan tidak sesuai. Unggahan ini masuk dalam kategori konten dengan koneksi yang salah.

============
[REFERENSI]

https://amp.kompas.com/nasional/read/2022/01/05/14432081/demokrat-dilanda-gejolak-internal-sampai-bakar-atribut-ini-penyebabnya

https://pekanbaru.tribunnews.com/amp/2021/12/02/bakar-atribut-partai-demokrat-di-riau-agung-sebut-pelakunya-banyak-bukan-kader-lantas-siapa