[SALAH] DIPIMPIN KYAI MA’RUF DAN YENNY WAHID, WARGA NAHDIYIN RESTUI MAHFUD MD JADI CAWAPRES ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul, thumbnail dan isi video tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Kyai Ma’ruf Amin dan Yenny Wahid restui Mahfud MD jadi cawapres Anies.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1686188851.342818/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]:
WARGA NAHDIYIN SOLID || DIPIMPIN KYAI MA’RUF & YENNY WAHID RESTUI MAHFUD DUET ANIES

DIPIMPIN KYAI MA’RUF & Y. WAHID WARGA NAHDIYIN RESTUI MENKO MAHFUD JADI CAWAPRES ANIES (dalam thumbnail)

=======

[PENJELASAN]:
Beredar video dari channel youtube POLITIK RAKYAT INDONESIA yang menampilkan thumbnail gambar Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama keluarga Gus Dur dengan narasi yang menyatakan bahwa Kyai Ma’ruf Amin dan Yenny Wahid restui Mahfud MD jadi cawapres Anies.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail tersebut identik dengan gambar unggahan pada artikel kompas.com berjudul “Bertemu Istri Gus Dur, Ma’ruf Amin Mohon Restu dan Dukungan” yang diunggah pada 26 September 2018.

Gambar tersebut merupakan gambar ketika Ma’ruf Amin bertemu dengan Sinta Nuriyah Wahid, istri Gus Dur bersama Yenny Wahid dan seluruh keluarga Gus Dur ketika akan maju menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan dukungan PKS terhadap Anies dan dalam video tersebut tidak terdapat pemberitaan terkait direstuinya Mahfud MD jadi cawapres Anies Baswedan.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Kyai Ma’ruf Amin dan Yenny Wahid restui Mahfud MD jadi cawapres Anies tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://www.jawapos.com/ternyata-hoax/01688374/rekayasa-narasi-dukungan-mahfud-md-jadi-cawapres-anies-baswedan-di-pilpres-dengan-pakai-foto-keluarga-gus-dur

https://nasional.kompas.com/read/2018/09/26/12523831/bertemu-istri-gus-dur-maruf-amin-mohon-restu-dan-dukungan