[SALAH] Jusuf Kalla Dihadapkan ke Jokowi

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Jusuf Kalla dihadapkan ke Presiden Jokowi merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, video yang ditampilkan pada unggahan berasal dari dua peristiwa yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1686187477.147053/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “GEGER MALAM INI || JUSUF KALLA DIHADAPKAN KE JOKOWI, SEMUA K£B0H0NGAN TERBONGK∆R”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Kabar News (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 20 Mei 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), dihadapkan ke Presiden Joko Widodo. Dalam video dijelaskan bahwa JK mengomentari kebijakan subsidi BBM yang masih dilakukan oleh pemerintahan Jokowi saat ini.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video yang ditampilkan dalam unggahan tersebut berasal dari dua peristiwa yang berbeda.

Pertama, video dan narasi yang menampilkan JK nyatanya diambil dari unggahan CNBC Indonesia. Dalam artikel dan video asli milik CNBC Indonesia, diberitakan bahwa JK mengungkap sejumlah tantangan bagi Presiden RI periode 2024-2029. Selain itu, JK juga memberikan pandangannya terkait kebijakan yang baik maupun tidak baik untuk dilanjutkan Presiden 2024-2029, salah satunya terkait kebijakan subsidi BBM yang menurutnya tidak perlu dilanjutkan di masa mendatang.

Video asli milik CNBC Indonesia

Kedua, terdapat video milik channel YouTube COKRO TV (https://www.youtube.com/@CokroTV) mengenai berbagai macam skenario yang beredar di ruang publik terkait bakal calon presiden yang akan didukung Jokowi pada Pemilu 2024. Disebutkan bahwa Jokowi yang notabene memegang tingkat kepuasan publik yang sangat tinggi, akan membuat capres yang didukungnya memiliki kans besar untuk mengungguli lawan-lawannya.

Video asli milik COKRO TV

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh channel YouTube Kabar News merupakan konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230518141718-4-438456/jk-sebut-kebijakan-jokowi-ini-tak-patut-dilanjutkan