[SALAH] Erick Thohir Resmi Jadi Cawapres Prabowo

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. PAN hanya mengusulkan nama Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto. Namun belum ada konfirmasi resmi dari Partai Gerindra dan Erick Thohir enggan untuk berkomentar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1686226722.138041/screenshot.png (TikTok)

=====

[NARASI]: “MENTRI BUMN ERICK THOHIR RESMI JASI CAWAPRESNYA PRABOWO SUBIANTO ATAS USUNGAN PARTAI AMANAT NASIONAL.

GIMANA PENDAPAT KALIAN??”

=====

[PENJELASAN]:

Akun TikTok bang_dhew94 mengunggah video dengan klaim Menteri BUMN, Erick Thohir, resmi diumumkan sebagai calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

Dalam video tersebut, Sekjen PAN, Eddy Soeparno, menyampaikan bahwa Erick Thohir dinilai unggul untuk dijadikan cawapres berdasarkan hasil survey yang beredar belakangan ini. Selain itu Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, juga menyampaikan rasa hormatnya kepada siapapun yang akan diusung sebagai cawapres Prabowo.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah video milik akun Instagram Narasi News Room, pada saat petinggi Partai Gerindra bertemu dengan elite Partai Amanat Nasional (PAN) di kantor DPP PAN pada Senin, 5 Juni 2023. Dalam pertemuan ini, PAN mengusulkan nama Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Melansir CNN Indonesia, Erick Thohir enggan berkomentar soal langkah PAN yang mengusulkan namanya menjadi cawapres pada Pilpres 2024. Ditemui di sela meninjau venue FIFA Match Day di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, ia hanya mau bicara soal sepak bola.

Ketua Umum PSSI itu menyatakan tak akan menjawab pertanyaan jurnalis soal isu cawapres atau usulan PAN tersebut.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.instagram.com/reel/CtHCu5ghCII/?igshid=MmJiY2I4NDBkZg%3D%3D
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230606164938-617-958391/erick-thohir-soal-cawapres-usulan-pan-enggak-akan-saya-jawab