[SALAH] Video “DI SURUH PAK ANIES PEGHINA ISTRI GIBRAN AKUI BEGINI”

MENYESATKAN, menunggangi isu yang sedang tren (trending). FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan dengan Anies Baswedan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/P7wFf (arsip cadangan).

NARASI: * “BREAKING NEWS.!! SAYA DI SURUH PAK ANIES PAK
GEMPAR.. 3 JAM DI INTROGASI, PEGHINA ISTRI GIBRAN AKUI BEGINI” (di gambar pratinjau).

* “GIBRAN MURKA Ternyata Segini Bayaran Sekali Memfitnah Menantu Presiden..” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: menunggangi isu yang sedang tren (trending). Selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan dengan Anies Baswedan.

Verifikasi Video

Salah satu sumber foto ASLI yang DISUNTING dan digunakan untuk gambar pratinjau oleh SUMBER, ANTARA FOTO pada 10 Feb 2020: “Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Senin (10/2/2020). Gibran datang untuk menjalani fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan sebelum maju menjadi calon Wali kota pada Pilkada Solo 2020. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, ANTARA pada 30 Mei 2023: “Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka enggan menanggapi akun media sosial penghina istrinya Selvi Ananda ke pihak kepolisian. “Aku santai, ra melu-melu (ngak ikut-ikutan, red),” katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa. Terkait dengan langkah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Surakarta yang melaporkan pemilik akun Twitter Klasik Pianda (@p40812) ke Polresta Surakarta, ia menyerahkan kepada pihak kepolisian. …” [3]

Salah satu sumber video yang identik dengan potongan yang digunakan oleh SUMBER dengan konteks yang BENAR, KOMPASTV di YouTube pada 13 Aug 2022: “JAKARTA, KOMPAS.TV Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjawab kritik netizen soal sikapnya yang telah melepas masker Paspampres Hari Misbah. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “gibran lepas masker paspampres”. [5]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “gibran lepas masker paspampres”. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] antaranews.com: “Gibran ikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk Pilkada Solo”, https://bit.ly/3WRQz7N / https://archive.ph/EQEe6 (arsip cadangan).

[3] antaranews.com: “Gibran enggan tanggapi akun penghina istrinya”, https://bit.ly/42oZxuD / https://archive.ph/Ij9Md (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Jawab Gibran Diprotes Netizen, Usai Lepas Masker Paspampres”, https://bit.ly/3IVdnh7 / https://archive.ph/Oymnh (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3WRaPqn / https://archive.ph/rryRi (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3MS7PoQ / https://archive.ph/mFsFO (arsip cadangan).