[SALAH] Foto “ribuan orang mengantri untuk membeli AC mini terlaris di Jepang dan banyak yang pingsan”

Informasi yang salah. Foto itu adalah foto ketika petugas menolong seorang warga yang pingsan akibat antre mendapatkan smartphone BlackBerry Bold 9790 yang dijual murah di Jakarta, Jumat (25/11/2011).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook Ronny Donso (fb.com/100082064296346) pada 5 Juni 2023 mengunggah beberapa foto yang salah satunya menampilkan seorang petugas kepolisian yang menggotong seorang wanita yang pingsan dengan narasi sebagai berikut:

“Berita mengerikan, pemandangan luar biasa di mal terkenal di JAKARTA kemarin, ribuan orang mengantri untuk membeli AC mini terlaris di Jepang dan banyak yang pingsan karena kekurangan oksigen yang parah”

Sumber: archive.ph/akoKi (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, ada foto yang menampilkan seorang petugas kepolisian yang menggotong seorang wanita yang pingsan yang diklaim sebagai orang yang pingsan karena mengantri untuk membeli AC mini merupakan klaim yang salah.

Faktanya, foto itu adalah foto ketika petugas menolong seorang warga yang pingsan akibat antre mendapatkan smartphone BlackBerry Bold 9790 yang dijual murah di Jakarta, Jumat (25/11/2011).

Foto yang sama, dimuat di artikel berita berjudul “Kasus ricuh antrean “Blackberry” terus diselidiki” yang terbit di situs Kantor Berita Antara pada Minggu, 27 November 2011. Dilansir dari artikel ini, petugas menolong seorang warga yang pingsan akibat antre mendapatkan smartphone BlackBerry Bold 9790 yang dijual murah di Jakarta, Jumat (25/11/2011). Research in Motion (RIM) untuk pertama kalinya meluncurkan produk terbarunya di Indonesia yang dijual dengan potongan 50 persen bagi seribu pembeli pertama.

Foto yang identik, dimuat di artikel berita berjudul “Polisi Belum Tetapkan Tersangka” yang terbit di situs Tempo pada Sabtu, 26 November 2011.

Klaim tersebut merupakan modus operandi iklan yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://www.antaranews.com/berita/286610/kasus-ricuh-antrean-blackberry-terus-diselidiki
https://metro.tempo.co/read/368579/polisi-belum-tetapkan-tersangka

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo