[SALAH] Foto “GEGER PAGI INI WANITA BAYARAN JHONNY G PLATE DITANGKAP NGAKU 50 JT SEKALI MAIN”

Tidak terkait kasus korupsi Johnny G. Plate. Wanita di foto itu adalah tersangka kasus penipuan dan penggelapan berkedok lowongan kerja di PT Ajinomoto yang ditangkap pada Februari 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Salah
===========================================

Akun Facebook T8pol (fb.com/108517788513823) pada 2 Juni 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto seorang wanita mengenakan baju orange dengan narasi:

“GEGER PAGI INI WANITA BAYARAN JHONNY G PLATE DITANGKAP NGAKU 50 JT SEKALI MAIN”

Sumber: archive.ph/7WAU6 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto foto seorang wanita mengenakan baju orange yang diklaim sebagai wanita bayarannya Johnny G. Plate yang ditangkap pada 2 Juni 2023 merupakan kliam yang salah.

Faktanya, wanita di foto itu tidak terkait kasus korupsi Johnny G. Plate. Wanita di foto itu adalah tersangka kasus penipuan dan penggelapan berkedok lowongan kerja di PT Ajinomoto yang ditangkap pada Februari 2022.

Foto yang identik, diunggah di artikel berjudul “Perempuan Cantik di Mojokerto Tipu Pencari Kerja Sampai 2 Miliar” yang terbit di situs ngopibareng.id pada 16 Februari 2022.

Dilansir dari artikel ini, Dessy Rohmawati, 30 tahun, mantan karyawan outsourcing di PT. Ajinomoto Indonesia ditahan Satreskrim Polres Mojokerto. Ia diduga menipu puluhan orang pencari kerja. Modusnya, dia menjanjikan kepada para korban dapat memasukkan jadi karyawan tetap.

Namun, agar bisa masuk menjadi karyawan tetap di PT. Ajinomoto Indonesia Dessy Rohmawati meminta sejumlah uang. Alasannya sebagai pelicin. Perempuan asal Dusun Clangap Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Mojokerto itu meminta kepada para korban membayar sejumlah uang bervariasi. Mulai dari Rp20 juta hingga Rp45 juta. Kapolres Mojokerto Kota AKBP Rofiq Ripto Himawan, menyebut jika penipuan dan atau penggelapan di wilayah hukum Polres Mojokerto Kota itu sebenarnya sudah sejak Maret tahun 2021 lalu.

Kata Kapolres, pelaku memang sebelumnya memang mantan karyawan outsourcing PT. Ajinomoto Indonesia. Berbekal pernah menjadi karyawan outsourcing di PT. Ajinomoto Indonesia, perempuan ini memperdaya para korbannya. Perempuan dua anak itu menjanjikan kepada para korban dapat memasukkan sebagai karyawan tetap. Syaratnya harus membayar sejumlah uang yang nilainya bervariasi antara satu korban dengan korban lainnya. Untuk meyakinkan para korbannya, pelaku memberikan tanda terima berupa kuitansi bermeterai tertanda tangan pelaku. Setelah para korban percaya, mereka menyerahkan sejumlah uang kepada pelaku. Namun yang dijanjikan oleh pelaku tidak terealisasi dan uang yang diterima pelaku digunakan untuk keperluan pribadi.

REFERENSI
https://www.ngopibareng.id/read/tipu-pencari-kerja-perempuan-cantik-di-mojokerto-ditangkap

About Adi Syafitrah 1530 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo