[SALAH] Video “GUBERNUR LAMPUNG CIUT SEKETIKA KETUA BIN MURKA HINGGA NEKAT LAKUKAN INI”

MENYESATKAN, TIDAK berkaitan dengan Ketua BIN. FAKTA: selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/ROOO8 (arsip cadangan).

NARASI: * “BREAKING NEWS KURANG AJAR ANDA MAKAN UANG RAKYAT KETUA BIN MURKA LANGSUNG LAKUKAN HAL INI” (di gambar pratinjau).

* “UPDATE SORE GUBERNUR LAMPUNG C1UT SEKET1KA KETUA BIN MURKA HINGGA NEK4T LAKUKAN INI” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Ketua BIN. Selain menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, video sebenarnya berisi pembacaan artikel dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Salah satu sumber foto dengan konteks yang BENAR yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau oleh SUMBER, detikNews pada 26 Feb 2020: “Palembang – Satres Narkoba Polrestabes Palembang menangkap pengedar berikut barang bukti 700 gram sabu. Rencananya barang haram itu bakal diedarkan di Kota Pempek. …” [2]

Artikel yang dibaca di video, Warta Ekonomi pada 8 Mei 2023: “Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Irwan Fecho memberikan kritikan pedas kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Dirinya keheranan dengan manuver dari orang nomor satu dalam pemerintahan tersebut, khususnya terkait dengan jalanan rusak di Lampung. …” [3]

Salah satu sumber potongan video dengan konteks yang BENAR yang digunakan oleh SUMBER, KOMPASTV di YouTube pada 7 Mei 2023: “JAKARTA, KOMPAS.TV Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang merupakan putra asal Lampung mengaku malu dan kecewa melihat kondisi infrastruktur jalanan di kampung halamannya. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos, kata kunci: “zulhas malu lampung jokowi”. [5]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “zulhas malu lampung jokowi”. [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] detik.com: “Polisi Tangkap Pengedar Sabu di Palembang: Kami Selamatkan 3.500 Jiwa”, https://bit.ly/3C6i5oy / https://archive.ph/ADuPR (arsip cadangan).

[3] wartaekonomi.co.id: “Wakil Rakyat Bela Arinal Djunaidi, Rusaknya Jalanan Lampung Justru Salahnya Jokowi”, https://bit.ly/42fWQLz / https://archive.ph/66tYZ (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Zulhas Ngaku Malu Usai Tinjau Jalanan Rusak di Lampung Bareng Jokowi”, https://bit.ly/42jKx14 / https://archive.ph/MHUia (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3IRJCxT / https://archive.ph/gEmxV (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3N983cF / https://archive.ph/EKh8p (arsip cadangan).