[SALAH] TERANCAM 12 TAHUN PENJARA, GEMPAR KASUS ARTERIA DAHLAN MEMASUKI TAHAP PENYIDIKAN.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah.Unggahan video dengan klaim Arteria Dahlan memasuki tahap penyidikan dan terancam 12 tahun penjara. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita dugaan pencucian uang 394 triliun yang disampaikan oleh Mahfud MD beberapa saat lalu.

=========
[KATEGORI]: Koneksi yang salah.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684918198.87533/index.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “TERANCAM 12 TAHUN PENJARA, GEMPAR KASUS ARTERIA DAHLAN MEMASUKI TAHAP PENYIDIKAN.”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Suara Politik pada 16 April 2023 mengunggah video dengan judul “MEMANAS || MEMASUKI TAHAP PENYIDIKAN, ARTERIA DAHLAN TERANCAM 12 TAHUN PENJARA AKIBAT KASUS INI ??”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak membahas penyidikan Arteria Dahlan yang diduga melakukan korupsi dan ancaman 12 tahun penjara.

Unggahan tersebut juga menarasikan artikel milik Agus Rahmat dan Edwin Firdaus berjudul “Mahfud MD Akan Penjarakan yang Terlibat Transaksi Janggal Rp 349 Triliun” yang diunggah pada laman Viva.co.id tanggal 11 April 2023. Artikel ini berisikan pernyataan Mahfud MD tentang dugaan pencucian uang yang terjadi di Kementerian Keuangan sebanyak 394 trilun.

==========
[REFERENSI]:
– https://www.viva.co.id/berita/nasional/1591765-mahfud-md-akan-penjarakan-yang-terlibat-transaksi-janggal-rp-349-triliun