[SALAH] SBY dan Khofifah Pimpin Langsung Deklarasi Dukung Anies Presiden

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video yang mengklaim SBY dan Khofifah memimpin langsung deklarasi untuk mendukung Anies sebagai Presiden adalah salah. Faktanya, video tersebut merupakan acara kampanye pemilihan Gubernur Jawa Timur pada tahun 2018 lalu.

============
[KATEGORI]

Konten yang menyesatkan

===========
[SUMBER]

TikTok

==========
[NARASI]

” SBY dan KOFIFAH Pimpin Langsung Deklarasi Dukung ANIES Presiden Indonesia Perubahan 2024
JUTAAN WARGA JAWA TIMUR Tumpah Ruah untuk satu Tujuan memenangkan ANIES
Rapatkan barisan buat bapak Anies”

===============
[PENJELASAN]

Telah diunggah video TikTok yang menunjukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kofifah Indar Parawansa, tengah berpidato di depan ribuan orang. Kejadian itu diklaim sebagai momen deklarasi Anies Baswedan yang dipimpin langsung oleh SBY dan Khofifah. Klaim tersebut salah, faktanya video yang beredar merupakan acara kampanye pilgub Khofifah – Emil Dardak pada April 2018.

Berdasarkan penelusuran Youtube, ditemukan video identik saat SBY berpidato di depan ribuan orang menggunakan baju berwarna biru. Video tersebut adalah unggahan kanal Youtube Jombang Tv dengan judul “Keluarga SBY Kompak Turun Gunung Menangkan Khofifah Emil di Pilgub Jatim” yang diunggah pada 1 April 2018.

Selain klaim video yang salah, unggahan TikTok yang telah dilihat 8 ribu kali itu juga menggunakan thumbnail yang salah. Terlihat pada thumbnail terdapat foto SBY berjejer dengan Khofifah di antara ribuan orang. Setelah ditelusuri menggunakan Google Lens, ternyata foto tersebut dimanipulasi. Foto ribuan orang, merupakan acara kampanye Jokowi Ma’ruf pada 2019 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK). Sedangkan foto SBY dan Khofifah diambil dari sumber yang berbeda.

=============
[REFERENSI]

https://www.liputan6.com/tag/kampanye-akbar-jokowi-amin
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-khofifah-pimpin-deklarasi-anies-baswedan-di-jatim-simak-faktanya.html

https://jatim.tribunnews.com/amp/2018/04/01/kampanye-pilgub-jatim-sby-orasi-ajak-masyarakat-pilih-budhe-khofifah
https://youtu.be/Cy_FQyTDVYY