[SALAH] Demi ganjar! Presiden Jokowi kumpulkan relawan di GBK Jakarta

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Cuplikan video dalam unggahan tersebut merupakan acara yang bertajuk “Silaturahmi Akbar Relawan Jokowi” pada November 2022. Acara itu, tidak ada sangkut pautnya dengan dukungan terhadap Ganjar Pranowo.

==============
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

============
[SUMBER]

TikTok

===========
[NARASI]

“DEMI GANJAR !! PRESIDEN JOKOWI KUMPULKAN RELAWAN DI GBK JAKARTA
JOKOWI RESMI BERI DUKUNGAN
KEPADA GANJAR??
Jadilah pemilih yg pintar cukup Tampilkan teks negara kita ini banyak utang di luar negeri”

===============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video TikTok yang mengklaim Jokowi mengumpulkan relawan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), sebagai dukungan terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024. Video itu menampilkan Jokowi yang tengah berpidato. Pengunggah menambahkan keterangan dalam video bahwa Jokowi resmi mendukung Ganjar hingga kumpulkan relawan di GBK.

Faktanya, cuplikan video itu bukan acara Jokowi untuk Ganjar. Berdasarkan penelusuran YouTube, ditemukan video identik dengan video saat Jokowi menghadiri silaturahmi relawan di GBK pada November 2022. Acara tersebut tidak ada kaitannya dengan dukungan untuk Ganjar.

Dilansir dari detik.com, pada acara itu Jokowi memamerkan capaian-capaiannya selama menjadi presiden kepada para relawan yang saat itu datang ke GBK. “Setelah 8 tahun kita bekerja keras, membangun negara kita Indonesia, membangun jalan-jalan nasional baik di Jawa maupun di luar Jawa. Membangun jalan tol, baik di Jawa maupun di luar Jawa, dan juga jalan-jalan kecil di desa, jembatan kecil di desa lewat dana desa,” kata Jokowi.

Dengan demikian, unggahan TikTok yang mengklaim Jokowi kumpulkan relawan di GBK untuk mendukung Ganjar adalah salah. Unggahan tersebut merupakan konten yang menyesatkan.

============
[REFERENSI]

https://news.detik.com/berita/d-6427497/jokowi-pamer-capaian-di-acara-relawan-pembangunan-tidak-jawasentris

https://www.youtube.com/live/xKLBORkdHQk?feature=share