[SALAH] Minum Es Jeruk Setelah Makan Sea Food Menyebabkan Kematian

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Para pakar menilai hal itu tidak berbahaya. Sebab, kandungan senyawa arsenik pada udang sangatlah sedikit dan minim menyebabkan keracunan apalagi sampai meninggal. Jika terkonsumsi, senyawa ini juga bakal keluar dari tubuh melalui urine. Foto wanita yang ditampilkan merupakan korban penembakan di Iran 2009.

[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

[SUMBER]

Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1685279150.258014/singlefile.html

[NARASI]

“”HATI-HATI!!!!! Jangan Pernah Makan Seafood & Es Jeruk Bersamaan”

Ruang Baca (439) – Info kesehatan langsung dari RS.Prof Kandow Malalayang :

Ada seorang wanita meninggal mendadak dengan lima panca indera keluar darah, setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh, melainkan karena ketidaktahuan tentang racun akibat makanan. Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari. Ini tidak masalah.

Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan udang. Sebenarnya cuma makan udang saja juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yang meninggal.. Tetapi, karena udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), dan berhubung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dalam perut yang membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Ini mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dengan kelima panca indera keluar darah. Jadi hati-hati, habis banyak makan udang, kerang, kepiting, jangan minum Vit C pada saat yang bersamaan ……….”

[PENJELASAN]

Beredar unggahan Facebook dengan klaim larangan makan seafood dan es jeruk secara bersamaan, karena akan menyebabkan kematian. Tulisan panjang itu menceritakan kisah seorang wanita meninggal mendadak dengan lima panca indera keluar darah karena mengonsumsi seafood dan vitamin C. Selain itu, pengunggah juga menampilkan foto wanita yang diklaim akibat mengonsumsi seafood dengan es jeruk.

Faktanya, foto wanita itu adalah Neda Agha Soltan, rakyat Iran yang ditembak pada bagian dada dalam perjuangan rakyat Iran melawan rezim yang menindas pada tahun 2009 dan juga foto wanita dengan penutup kepala itu merupakan foto Neda Soltani yang sempat diklaim sebagai foto Neda Agha-Soltan.

Terkait keterangan ilmiah hubungan makan seafood dan es jeruk, para pakar menilai hal itu tidak berbahaya. Sebab, kandungan senyawa arsenik pada udang sangatlah sedikit dan minim menyebabkan keracunan apalagi sampai meninggal. Jika terkonsumsi, senyawa ini juga bakal keluar dari tubuh melalui urine.

Dilansir dari kumparan.com, belum ada kasus keracunan yang disebabkan oleh makan seafood bersamaan dengan es jeruk. “Belum ada kajian ilmiah yang membuktikannya. Seafood bisa bermasalah dan akibatkan keracunan mungkin karena cemaran bakteri atau logam berat. Bukan kombinasi dengan es jeruk,” ungkap Prof. Ali Khomsan.

Selain itu, selama ini masakan laut juga sering dibuat menggunakan bahan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, jeruk nipis, dan lainnya. Jika vitamin C dan makanan laut memang bisa menyebabkan keracunan, seharusnya sejak dulu telah banyak orang yang keracunan makanan.

[REFERENSI]

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/minum-jeruk

https://m.kumparan.com/amp/generasi-milenial/benarkah-makan-udang-lalu-minum-es-jeruk-bisa-bikin-keracunan-1fubu

https://www.bbc.com/news/magazine-20267989