[SALAH] Agnes Mo Meninggal Dunia Karena Penyerangan di Amerika

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Informasi tidak benar. Thumbnail video merupakan hasil manipulasi dari beberapa foto yang digabung menjadi satu. Hingga saat ini, Agnez Mo masih aktif di Instagram.

=============
[KATEGORI]

Konten dimanipulasi

============
[SUMBER]

Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1685114341.759347/singlefile.html

===========
[NARASI]

” Detik-Detik Terbongkarnya Sosok Pembunuh Agnez Mo, Ternyata Sahabatnya Sendiri”

===============
[PENJELASAN]

Beredar informasi bahwa artis Agnez Mo meninggal dunia akibat penyerangan di Amerika. Banyak informasi yang menampilkan thumbnail dengan foto jenazah yang diklaim sebagai jenazah Agnez Mo. Salah satunya video yang diunggah pada kanal YouTube Daily news, menunjukkan foto pria yang diklaim pelaku penyerangan Agnez Mo.

Faktanya, informasi terkait Agnez Mo meninggal dunia adalah hoaks. Hingga hari ini, Agnez Mo masih terlihat aktif di sosial media instagramnya.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail Youtube tersebut adalah hasil manipulasi. Foto pria yang diklaim sebagai pembunuh Agnez Mo merupakan foto yang sama dengan foto Rizky Nazar yang ditangkap karena gunakan ganja. Foto asli itu dapat dilihat pada artikel Antara News dengan judul “Artis Rizky Nazar ditangkap Polisi karena gunakan ganja.”

Sedangkan foto aparat TNI membawa jenazah yang diklaim Agnez Mo, merupakan foto proses evakuasi jenazah Kopda Muslimin usai ditemukan meninggal dunia di rumah orang tuanya pada tahun 2022 lalu.

============
[REFERENSI]

https://news.republika.co.id/berita/rfqg50430/kopda-muslmin-meninggal-dunia-pomdam-iv-tutup-penyelidikan-ini-alasannya

https://images.app.goo.gl/NpLzRtMz6JbCrXKM9

https://youtu.be/loXa8PJytx8

https://instagram.com/agnezmo?igshid=MzRlODBiNWFlZA==