[SALAH] ATAS PERINTAH PRESIDEN JOKOWI..TANGIS BAHAR SMITH PECAH, NASIBNYA BERAKHIR DI JERUJI BESI.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Presiden Jokowi memberi perintah untuk memenjarakan Habib Bahar Smith. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita penembakan yang terjadi oleh Habib Bahar pada tanggal 12 Mei 2023.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684816347.991049/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: ” ATAS PERINTAH PRESIDEN JOKOWI..TANGIS BAHAR SMITH PECAH, NASIBNYA BERAKHIR DI JERUJI BESI.”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Suara Politik pada 21 Mei 2023 mengunggah video dengan judul “ATAS PERINTAH PRESIDEN JOKOWI..TANGIS BAHAR SMITH PECAH, NASIBNYA BERAKHIR DI JERUJI BESI”. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak membahas Presiden Jokowi yang memberikan perintah untuk memenjarakan Habib Bahar.

Unggahan tersebut juga menarasikan artikel milik Erik S berjudul “Ibunda Ceritakan Detik-detik Bahar bin Smith Ditembak: Merangkak Keluar dari Mobil” yang diunggah pada laman Teribunnews.com tanggal 16 Mei 2023. Artikel ini dibaca berulang-ulang dari awal hingga akhir video.
==========
[REFERENSI]:
– https://m.tribunnews.com/regional/2023/05/16/ibunda-ceritakan-detik-detik-bahar-bin-smith-ditembak-merangkak-keluar-dari-mobil