[SALAH] PAK MAHFUD RESMI DAMPINGI ANIES DI PILPRES 2024 ATAS RESTU JOKOWI

Hasil periksa fakta Putri Lestari.
Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi valid mengenai Mahfud MD yang mendapatkan restu Jokowi untuk mendampingi Anies Baswedan di pilpres 2024.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1684730009.394953/index.html

= = = = =

Narasi :
GEMPAR SIANG INI || SAHH!! PAK MAHFUD RESMI DAMPINGI ANIES DI PILPRES 2024 ATAS RESTU JOKOWI

= = = = =

Penjelasan :
Akun Youtube Kabar news mengunggah video dengan judul: “GEMPAR SIANG INI || SAHH!! PAK MAHFUD RESMI DAMPINGI ANIES DI PILPRES 2024 ATAS RESTU JOKOWI” pada tanggal 17 Mei 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail dengan gambar Anies Baswedan dan Mahfud MD bersalaman didampingi oleh Presiden Jokowi dan Surya Paloh.

Video pertama yang dicuplik adalah video sesi BEGAWAN NGOMPOL (NGOPINI POLITIK) yang diunggah oleh akun Youtube SEWORD TV pada tanggal 13 April 2023 dengan judul: “Begawan: DEMOKRAT DAN AHY NGAMOK? TOLAK DUET ANIES – MAHFUD, LAH EMANG MAHFUD MAU? #148”.

Video kedua yang dicuplik adalah video Mahfud MD yang sedang memberikan penjelasan soal transaksi janggal Rp 349 triliun di Kemenkeu yang diunggah oleh akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 20 Maret 2023.

Video kedua yang dicuplik adalah video pidato Anies Baswedan saat kegiatan deklarasi pengukuhan relawan Anies yang diunggah oleh akun Youtube METRO TV pada tanggal 7 Mei 2023 dengan judul: “Pidato Anies Baswedan, Gagasan untuk Indonesia Lebih Baik”.

Video lain yang dicuplik adalah video pidato politik Surya Paloh saat mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden dari partai Nasdem yang diunggah di akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 3 Oktoberl 2022.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Hingga artikel ini diterbitkan, belum ada pengumuman resmi calon wakil presiden yang mendampingi Anies Baswedan. Tidak ditemukan informasi valid mengenai Mahfud MD yang mendapatkan restu Jokowi untuk mendampingi Anies Baswedan di pilpres 2024.

= = = = =
Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=FjHY3WmDu9Y
https://www.youtube.com/watch?v=dzEC9IDNnm4
https://www.youtube.com/watch?v=XbIrAXCmYXU
https://www.youtube.com/watch?v=Yt0hOSr3Lx0