[SALAH] JHONNY G PLATE DAN ISTRI PALOH TERBUKTI SEKONGKOL

Hasil periksa fakta Putri Lestari.
Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail bukanlah istri Surya Paloh, melainkan Mischa Hasnaeni Moein yang sedang ditangkap karena kasus korupsi Waskita Beton BUMN. Video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi valid mengenai keterlibatan istri Surya Paloh dalam kasus Jhonny G Plate.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1684729058.333848/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
GEGER PAGI INI || JHONNY G PLATE DAN ISTRI PALOH TERBUKTI SEKONGKOL ??

= = = = =

Penjelasan :
Akun Youtube Kabar news mengunggah video dengan judul: “GEGER PAGI INI || JHONNY G PLATE DAN ISTRI PALOH TERBUKTI SEKONGKOL ??” pada tanggal 22 Mei 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail gambar seorang perempuan yang duduk di kursi roda dengan tulisan “ISTRI SURYA PALOH DISERET, TERLIBAT PERAN DIBALIK KASUS JHONNY G PLATE”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa gambar tumbnail identik dengan liputan dari VOI Indonesia pada tanggal 22 September 2022 dengan judul “The Story Of The Golden Woman, Hasnaeni Moein: In The Past, There Were Many Portraits Of Him In The Behind Of General Transportation In Jakarta”. Perempuan dengan kursi roda yang berada di tumbnail bukanlah istri Surya Paloh, melainkan Mischa Hasnaeni Moein yang sedang ditangkap oleh Kejaksaan Agung atas keterlibatannya dalam kasus korupsi Waskita Beton BUMN.

Video pertama yang dicuplik adalah video Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya saat menghadiri diskusi publik di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Video liputan tersebut diunggah oleh akun Youtube Kompas.com dengan judul ” Politisi Nadsem: Aparat Main Tangkap karena Presiden Sekarang Petugas Partai!” yang diunggah pada tanggal 17 Mei 2023.

Video kedua yang diunggah adalah liputan dari KOMPASTV yang diunggah di akun Youtubenya pada tanggal 17 Mei 2023 dengan judul “[FULL] Surya Paloh Yakin Penahanan Johnny Plate Tidak Ada Intervensi Kekuasaan dan Politik”.

Tidak ditemukan informasi valid mengenai keterlibatan istri Surya Paloh dalam kasus korupsi yang dilakukan oleh Jhonny G Plate.

= = = = =
Referensi :
https://voi.id/en/memori/212492/the-story-of-the-golden-woman-hasnaeni-moein-in-the-past-there-were-many-portraits-of-him-in-the-behind-of-general-transportation-in-jakarta
https://www.youtube.com/watch?v=ayPqBBC71c8
https://www.youtube.com/watch?v=NYbtcyoCp7Y