[SALAH] JOKOWI TAK BISA MENGELAK, KPK TEMUKAN TUMPUKAN UANG HASIL KORUPSI

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan video liputan penetapan dan penangkapan tersangka kasus korupsi proyek kereta api oleh KPK.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1683697973.742033/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
BERITA TERKINI ~JOKOWI TAK BISA MENGELAK,KPK TEMUKAN TUMPUKAN UANG HASIL KORUPSI ~ BREAKING NEWS

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Kabar Akurat mengunggah video dengan judul: “BERITA TERKINI ~JOKOWI TAK BISA MENGELAK,KPK TEMUKAN TUMPUKAN UANG HASIL KORUPSI ~ BREAKING NEWS” pada tanggal 22 April 2023. Video tersebut menunjukkan tumbnail Jokowi dan sejumlah tumpukan uang.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto tumbnail dan video yang diunggah merupakan hasil editan disertai dengan narasi yang menyesatkan. Tidak ditemukan informasi terkait penemuan tumpukan uang korupsi Jokowi oleh KPK seperti yang dinarasikan dalam video.

Video pertama yang dicuplik adalah video liputan dari METRO TV yang memberitakan KPK yang menjadwalkan pemangilan terhadap pengusaha Dito Mahendra terkait kepemilikian senjata api ilegal dengan judul: “Polri Segera Jadikan Dito Mahendra sebagai DPO” pada tanggal 3 Mei 2023.

Video kedua yang dicuplik adalah video liputan Harian Kompas yang diunggah pada akun Youtubenya pada tanggal 13 April 2023 dengan judul: “KPK Ungkap 10 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Proyek Kereta Api”.

Video ketiga yang diunggah adalah video yang diunggah oleh akun Youtube Kompas.com pada tanggal 11 April 2023 dengan judul: “OTT KPK di Semarang, Pejabat Balai Teknis Perkeretaapian Ditangkap”.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=ulkTl1ceRhk
https://www.youtube.com/watch?v=_JE9FfqhM4o
https://www.youtube.com/watch?v=4lEq8Kfvf-k