[SALAH] “bantuan pertama penyempitan pembuluh jantung, kardiovaskuler, tepuk2 punggungnya dan tekan ujung-ujung jari tangan untuk memperlancar peredaran darah”

Informasi menyesatkan. Spesialis jantung dan pembuluh darah dr Ignatius Yansen NG, SpJP (K), FIHA, FAsCC menyatakan pertolongan pertama dengan cara-cara tersebut tidak tepat bagi pasien serangan jantung.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Instagram Kabare Boyolali (instagram.com/kabareboyolali) pada 26 April 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“!! !! INFORMASI PENTING !! !! Itu penyempitan pembuluh jantung, kardiovaskuler.. datangnya mendadak tidak ada gejala dan mematikan. Untuk bantuan pertama tepuk2 punggungnya dan tekan ujung-ujung jari tangan untuk memperlancar peredaran darah. Bagi kalian perbanyak olah raga, hindari makanan yang bercholesterol tinggi, jgn terlalu banyak minum es. Semoga bermanfaat. Kalau postingan ini berguna share……”

Sumber: archive.ph/yrz8a (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya klaim bahwa bantuan pertama bagi penyempitan pembuluh jantung adalah menepuk-nepuk dan menekan ujung jari untuk memperlancar peredaran darah merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, spesialis jantung dan pembuluh darah dr Ignatius Yansen NG, SpJP (K), FIHA, FAsCC menyatakan pertolongan pertama dengan cara-cara tersebut tidak tepat bagi pasien serangan jantung.

“Jadi kalau menepuk-nepuk punggung dan memijat jari itu bukan pertolongan pertama, itu hoax yang tidak benar,” kata dr Yansen, dihubungi detikcom, Jumat (28/4/2023).

Selain itu, video tersebut menunjukkan pria yang terlihat kesakitan sambil memegang dadanya. dr Yansen menuturkan, ciri utama serangan jantung yaitu rasa tidak nyaman di dada. Namun, ia menyebut sakit dada belum tentu menandakan serangan jantung.

“Keluhan pasien serangan jantung pasti rasa tidak nyaman di dada. Tapi kalau pasien serangan jantung itu tidak bisa ditunjuk dengan satu jari,” kata dr Yansen, dihubungi detikcom, Jumat (28/4/2023).

Selain itu, sebelumnya Cek Fakta Liputan6.comย telah membahas metode penanganan sumbatan jantung dengan cara menepuk bagian tubuh dan menekan ujung jari dengan menghubungi dr. Vito A. Damay, SpJP (K).

“Pasti tidak bisa kalau diklaim gerakan itu bisa menyembuhkan penyumbatan jantung. Pembuluh darah Jantung itu besarnya cuma 2 mm sampai 5 mm, jauh tersembunyi dalam rangka dada yang kuat. Dipukul bagaimana pun tidak akan bikin sumbatan hilang,” ujar dr.Vito saat dihubungi Liputan6.com, dikutip dari artikel berjudul “Cek Fakta: Tidak Benar Gerakan Latihan Dalam Video Ini Bisa Sembuhkan Penyumbatan Jantung”.

REFERENSI
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-6695162/viral-tepuk-punggung-jadi-pertolongan-pertama-serangan-jantung-dokter-hoaks
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4868582/cek-fakta-tidak-benar-gerakan-latihan-dalam-video-ini-bisa-sembuhkan-penyumbatan-jantung

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo