[SALAH] Momen Pemilihan Umum di Indonesia Menjadi Bahan Jokes Candaan Bangsa Lain

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Pembicara pada video adalahย  Drย  G T Ng seorang pakar teologi Gereja Advent. Apa yang disampaikan hanya sebuah lelucon. Menurut Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, ia tidak ada kapasitas untuk berbicara mengenai politik.

============
[KATEGORI]
Parodi

============
[SUMBER]

Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1682743617.344104/singlefile.html

=============
[NARASI]

“Ketika Momen Pemilihan Umum di Indonesia menjadi bahan Jokes Candaan Bangsa lain”

===============
[PENJELASAN]

Akun Twitter @Laode4834 mengunggah video yang menampilkan seorang pakar teologi Gereja Advent Dr G T Ng yang tengah menjadi pembicara pada acara bertajuk “Presentation at the General Conference Annual Council 2019” pada tahun 2019 lalu.

Dalam acara itu, Dr G T Ng membandingkan pemilu di beberapa negara seperi Somalia, Amerika, dan Indonesia. Ia menyebut hasil pemilu di Indonesia sudah diketahui sebelum pemilihan. “Di Indonesia, mereka sudah tahu hasilnya sebelum pemilihan,” kata Dr G T Ng dalam bahasa Inggris yang langsung disambut tawa hadirin.

Cuitan Twitter Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi, menyebut bahwa Dr G T NG tidak ada kapasitas untuk berbicara mengenai politik, karena dia bukan pakar politik. Dia adalah salah satu dari tiga pejabat eksekutif gereja. Dia menjadi penasihat untuk Kantor Misi Advent, Kantor Arsip, Institut Misi Dunia, dan Ellen G White Estate.

Pemilu di Indonesia, sudah dilaksanakan dari tahun lalu 1955 hingga 2019. Dalam sejarah Pemilu di Indonesia hanya terdapat 2 sistem yang diterapkan. Kedua sistem itu adalah proporsional tertutup dan proporsional terbuka.  Pada Sistem pemilu tertutup, rakyat hanya bisa memilih partai politik saja tanpa mengetahui sosok caleg. Sedangan Sistem pemilu terbuka, pemilih bisa mengetahui sosok caleg yang akan menjadi wakil rakyat.

=================
[REFERENSI]

https://www.youtube.com/watch?v=G3ja9zIxoiE
https://twitter.com/PramonoUtan/status/1194858298610081792?lang=en
https://rakyatku.com/read/170710/kpu-sebut-pakar-teologi-gereja-advent-ini-video-utuh-saat-pilpres-jadi-tertawaan-di-luar-negeri
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6329581/sejarah-pemilu-di-indonesia-dari-masa-ke-masa-mulai-1955-hingga-2019