[SALAH] Joe Biden Umumkan Perang Dunia III

Hasil periksa Fakta Dyah Febriyani

Video lama. Tidak ada pernyataan Joe Biden yang mengumumkan perang dunia III. Saat melakukan konferensi pers di Gedung Putih itu, Joe Biden menyampaikan beberapa keterangan mengenai perang Ukraina.

============
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

============
[SUMBER]

TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1682265294.053811/singlefile.html

===========
[NARASI]

“lindungi keluarga saya
ya Tuhan..
perang Dunia III
telah di umumkan”

===============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video TikTok yang mengklaim bahwa Presiden Amerika Serikat, Joe Biden telah mengumumkan perang dunia III. Video itu, menampilkan Joe Biden saat melakukan konferensi pers beberapa waktu lalu. Faktanya, informasi tersebut tidak benar.

Video dalam unggahan TikTok itu merupakan video lama, saat Joe Biden melakukan konferensi pers di Gedung Putih pada Maret 2022. Pada keterangan pers tersebut Biden berterima kasih kepada anggota Dewan Perwakilan atas dukungan mereka untuk Ukraina.

Dilansir dari CNN Brazil, selain berbicara mengenai perang Ukraina, Biden juga menyebutkan upaya peningkatan bahan bakar. Biden melarang impor minyak, gas alam, dan batu bara dari Rusia.

Dengan demikian, unggahan TikTok yang mengklaim Joe Biden mengumumkan perang dunia III adalah salah. Unggahan tersebut termasuk sebagai konten yang menyesatkan.

============
[REFERENSI]
https://www.cnnbrasil.com.br/internacional/biden-enfatiza-que-os-eua-nao-vao-lutar-a-3a-guerra-mundial-na-ucrania/
https://youtu.be/1zjU8hguOIU
https://youtu.be/6eDCzo-HxUI
https://www.kompas.tv/article/269824/joe-biden-peringatkan-akan-terjadi-perang-dunia-ketiga-jika-hal-ini-terjadi?medium=whatsapp&smid=d3d1270e1581ba364899a67519624ce4
https://www.facebook.com/WhiteHouse/videos/1678045569217007/