[SALAH] Tiktoker Awbimax Mendapat Protection Visa dari Australia

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Hingga saat ini Bima Yudho masih memegang student visa subclass 500. Bima akan mempertimbangkan pengajuan protection visa subclass 866 jika keselamatannya tidak aman di Indonesia.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1681750806.140221/singlefile.html (Instagram)

=====

[NARASI]: “An Indonesian student in Australia, Bima Yudho, through his TikTok account, Awbimax Reborn, criticized the city of Lampung with his presentation content ‘Alasan Lampung Nggak Maju-maju.’ In the aftermath, Bima was reported to the police by an activist, who is also an advocate. This later made Bima get a Protection Visa from Australia, which can now protect him. A Protection Visa allows the owner to settle in Australia permanently. What do you think? :thinking_face::thinking_face:

(Seorang pelajar asal Indonesia yang berada di Australia, Bima Yudho, melalui akun Tiktoknya, Awbimax Reborn, mengkritik Kota Lampung dengan konten presentasi ‘Alasan Lampung Nggak Maju-maju.’ Setelah itu, Bima dilaporkan ke kepolisian oleh seorang aktivis sekaligus pengacara. Hal ini membuat Bima mendapat Protection Visa dari Australia, yang kini bisa melindunginya. Protection Visa membuat pemiliknya bisa tinggal permanen di Australia. Bagaimana pendapat Anda? :thinking_face::thinking_face:)

=====

[PENJELASAN]:

Pelajar asal Indonesia yang berada di Australia, Bima Yudho memberikan kritik terhadap pembangunan infrastruktur Kota Lampung melalui konten di Tiktoknya, Awbimax Reborn. Konten tersebut berisi tentang tanggapannya mengenai alasan Lampung tidak mengalami kemajuan. Konten yang dibuatnya kemudian viral dan disukai lebih dari 1,9 juta kali.

Dari konten tersebut membuat Bima dilaporkan ke kepolisian oleh seorang pengacara, Ghinda Ansori Wayka-Thamaroni Usman ke Polda Lampung atas dugaan penyebaran konten hoaks pada Senin, 10 April 2023.

Setelah masuknya laporan polisi tersebut, Bima sempat mengunggah video yang menampilkan keterangan Subclass 866 protection visa atau perlindungan visa dari Australia.

Ia kemudian mengklarifikasi hal tersebut, saat ini, ia masih memegang student visa subclass 500. Hingga saat ini, Bima belum megajukan protection visa. Sehingga klaim pada foto yang diunggah akun Instagram Folkative tersebut adalah informasi yang salah.

Dia menjelaskan, video tentang protection visa yang ia unggah sebelumnya itu hanyalah merupakan solusi terbaik bagi dirinya jika keselamatannya tidak aman di Indonesia.

=====

[REFERENSI]: