[SALAH] Ganjar – Mahfud MD Maju ke Pilpres 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi maupun informasi dari sumber yang kredibel mengenai pencalonan Ganjar dan Mahfud MD sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1681752209.389199/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “DUET GANJAR-MAHFUD MAJU NYAPRES, TENSI POLITIK DI 2024 SEMAKIN MEMANAS”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Seputar Istana mengunggah video dengan klaim Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan mecalonkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2024. Dalam judul video juga disebutkan tensi politik semakin memanas dengan pencalonan tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, dalam video tersebut tidak ada informasi mengenai pencalonan keduanya. narator dalam video hanya membacakan ulang artikel opini yang ditulis oleh Dahono Prasetyo yang kemudian diunggah di laman Seword.com.

Artikel dengan judul “Ada Apa Dengan Ganjar Mahfud Dan Jokowi?” diunggah pada 13 April 2023. Dalam artikel ini Dahono menuliskan tanggapannya usai peristiwa perdebatan antara Mahfud MD dan Komisi III DPR RI pada saat rapat membahas transaksi mencurigakan senilai Rp 349 triliun di lingkungan Kementerian Keuangan.

Dalam artikel tersebut disebutkan bahwa Mahfud MD menyiratkan karakter perlawanan pada bobroknya fundamental, sebagai syarat memperbaiki sistem. Dahono juga menyebutkan bahwa Ganjar adalah pendobrak kebrutalan intoleransi yang terjadi karena Jokowi berkuasa membela toleransi.

Dikutip dari Detik, Mahfud MD menyebut usulannya sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo hanyalah bunga-bunga demokrasi saja. Hingga saat ini, belum ada konfirmasi resmi maupun informasi dari sumber yang kredibel mengenai pencalonan Ganjar dan Mahfud MD sebagai pasangan capres dan cawapres pada Pemilu 2024 mendatang.

=====

[REFERENSI]: