[SALAH] Kondisi Arteria Dahlan Mengerikan, Kena Azab Akibat Korupsi

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada pemberitaan yang kredibel terkait klaim tersebut. Melalui Instagramnya, Arteria Dahlan aktif membagikan kegiatannya selama libur lebaran. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/7Glwo

= = =

Narasi:

“AdZ4b Begitu Cepat!! Inalilahi!! K0ndisi Arteria Dahlan Menger!Kan”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Facebook mengklaim bahwa Arteria Dahlan sedang sakit dalam kondisi yang mengerikan, unggahan tersebut juga menyebutkan bahwa hal yang dialami Anggota Komisi III DPR RI adalah sebuah azab akibat korupsi.

Setelah ditelusuri, narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari AyoJakarta.com yang berjudul “Sempat Panas dengan Mahfud MD, Kini Arteria Dahlan Disentil Pakar TPPU Yenti Garnasih: Kalau Haram Baru Ngeri”, dalam artikel tersebut juga tidak membahas korupsi yang dilakukan Arteria Dahlan maupun kondisi setelahnya.

Thumbnail dalam video tersebut yang menunjukkan Arteria Dahlan sedang berbaring di rumah sakit merupakan hasil manipulasi dari foto kondisi mahasiswa yang dibanting polisi saat aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Tangerang yang telah dipublikasi oleh Republika.com pada 15 Oktober 2021.

Pemeriksa fakta Mafindo akhir-akhir ini telah banyak membantah hoaks korupsi yang dilakukan Arteria Dahlan setelah perdebatannya dengan Mahfud MD dalam rapat dengan DPR soal transaksi mencurigakan RP349 Triliun di Kemenkeu. Hingga kini, tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan Arteria Dahlan tersandung korupsi. Melalui akun Instagramnya Anggota Komisi III DPR RI tersebut masih aktif membagikan kegiatannya selama libur lebaran.

Dengan demikian, kondisi Arteria Dahlan mengerikan, kena azab akibat korupsi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://news.republika.co.id/berita/r10edd409/mahasiswa-yang-dibanting-polisi-kini-dirawat-ini-kondisinya

https://www.ayojakarta.com/news/768383721/sempat-panas-dengan-mahfud-md-kini-arteria-dahlan-disentil-pakar-tppu-yenti-garnasih-kalau-haram-baru-ngeri?page=1

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/17/175217582/hoaks-arteria-dahlan-terkena-azab-akibat-korupsi?page=all#page2

===