[SALAH] Video “CHINA MULAI BERANI MELANGKAH PASUKAN TNI TAK TERIMA, LIHAT APA YANG AKAN TERJADI”

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan TNI. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel tentang konflik Tiongkok dengan Taiwan dengan mengganti aspek tertentu untuk mengesankan konflik antara Tiongkok dengan Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/A6fnZ (arsip cadangan).

NARASI: * “CHINA MULAI BERANI MELANGKAH PASUKAN TNI TAK TERIMA, LIHAT APA YANG AKAN TERJADI” (di gambar pratinjau).

* “SENJOTO MAKAN TUAN – MALAYSIA – UCRANIA – DUNIA MILITER UPDATE – BERITA TERKINI” (di post).

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan TNI. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel tentang konflik Tiongkok dengan Taiwan dengan mengganti aspek tertentu untuk mengesankan konflik antara Tiongkok dengan Indonesia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan segmen video yang identik, South China Morning Post: “Chinese President Xi Jinping, in his role as Communist Party leader, entered the Great Hall of the People in Beijing to open the party’s twice-a-decade political gathering on October 16, 2022.” [2]

Salah satu bagian artikel yang dibaca di video, CNN Indonesia: “Mantan penasihat keamanan nasional Amerika Serikat, HR McMaster, mengklaim China tengah bersiap perang menyerang Taiwan. Ia pun mendesak agar AS mengambil ancang-ancang. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Google Videos, kata kunci: “xi jinping 20th communist party national congress”. [4]

Google News, kata kunci: “xi jinping 20th communist party national congress”. [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] scmp.com: “Xi Jinping kicks off 20th Communist Party national congress”, https://bit.ly/3N5zuV3 / https://archive.ph/aefd7 (arsip cadangan).

[3] cnnindonesia.com: “China Diklaim Bersiap Perang Serang Taiwan, AS Didesak Ancang-ancang”, https://bit.ly/3N0AdHb / https://archive.ph/y5Sd2 (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/428dtth / https://archive.ph/vNDVe (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3oEgKlh / https://archive.ph/cyLnF (arsip cadangan).