[SALAH] Seluruh Kapal Ferry Tenggelam di Gilimanuk

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai tenggelamnya seluruh kapal ferry di Gilimanuk. Dalam video tersebut hanya menjelaskan mengenai peristiwa beberapa kendaraan yang terguling di dalam kapal pada 27 Juni 2022.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1681399435.215329/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Berita Viral ~ BALI MUSNAH:bangbang:SELURUH KAPAL FERRY TENGGELAM, KETAPANG GILIMANUK TINGGAL KENANGAN.:question:

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Mimbar Istana membagikan video dengan klaim seluruh kapal ferry yang berada di Pelabuhan Gilimanuk tenggelam. Dalam judul video tersebut juga dituliskan bahwa Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk tinggal kenangan.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai peristiwa yang disebutkan dalam klaim. Narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel CNN dengan judul “Sejumlah Kendaraan dalam Kapal Terguling Diterjang Ombak di Selat Bali,” yang diunggah pada 28 Juni 2022.

Dalam artikel tersebut berisi informasi tentang tanggapan Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Pelabuhan Gilimanuk I Nyoman Sastrawan mengenai beredarnya video sejumlah kendaraan yang terguling di dalam kapal yang berada di Selat Bali. Peristiwa tersebut terjadi pada 27 Juni 2022.

Mengutip artikel yang sama, I Nyoman Sastrawan menjelaskan bahwa cuaca ekstrem kerap melanda wilayah Gilimanuk pada bulan Juni hingga Agustus.

=====

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20220628122845-20-814452/sejumlah-kendaraan-dalam-kapal-terguling-diterjang-ombak-di-selat-bali