[SALAH] SRI MULYANI DIUSIR DARI RAPAT KERJA DPR RI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi vido tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Sri Mulyani diusir dari rapat kerja DPR RI.

====

[KATEGORI]: Koneksi yang salah

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1681490751.663326/singlefile.html (Facebook)

====

[NARASI]:
Detik Detik Sri Mulyani Diusir Dari Rapat Kerja Di DPR RI Bersama Pak Mahfud MD!!!

SRI MULYANI DIUSIR RAPAT DI DPRD RI
ANGGOTA DEWAN MEGUNGKAP TAK PERLU KEDATANGANNYA (dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Beredar video dari halaman facebook bernama Amalia dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani diusir dari rapat kerja DPR RI.

Setelah dilakukan penelusuran, video dalam klaim tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi KOMPASTV berjudul “Momen Anas Urbaningrum Bebas Bersyarat: Wajib Lapor 3 Bulan ke Depan” yang tayang pada 11 April 2023.

Video tersebut menampilkan momen ketika Anas Urbaningrum bebas bersyarat pada 11 April 2023.

Thumbnail dalam video yang menampilkan Sri Mulyani berjalan menuju mobil Alphard tersebut identik dengan gambar unggahan pada artikel tvonenews.com berjudul “Saktinya Mobil Alphard Sri Mulyani Masuk ke Bandara Diam-diam, Menkeu Dikecam Netizen” yang diunggah pada 25 Maret 2023 dan sama sekali tidak berkaitan dengan pengusiran Sri Mulyani dari rapat DPR RI.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani diusir dari rapat kerja DPR RI tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori koneksi yang salah.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/14/135700682/-hoaks-sri-mulyani-diusir-dari-rapat-di-dpr?page=all#page2

https://www.tvonenews.com/berita/nasional/109953-saktinya-mobil-alphard-sri-mulyani-masuk-ke-bandara-diam-diam-menkeu-dikecam-netizen?page=1