[SALAH] Pesawat Tua Indonesia Tantang Pesawat Australia

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Koneksi yang salah. Video sebenarnya merupakan video latihan pesawat tempur TNI AU yang sedang latihan di Aceh yang diberi narasi yang tidak sesuai.

= = = = =

Kategori : Koneksi yang Salah

= = = = =

Sumber : Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1680940764.309365/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
Jadi heboh !! pesawat tua Indonesia tantang pesawat Australia….

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube LANGIT MILITER mengunggah video yang berjudul “Jadi heboh !! pesawat tua Indonesia tantang pesawat Australia‚Ķ.”. Video tersebut diunggah pada tanggal 10 Maret 2023 dengan tumbnail yang berisi tulisan “INGGRIS PROTES KE INDONESIA”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video identik dengan video yang diunggah akun Youtube Munandar Syamsuddin pada tanggal 28 Februari 2018 dengan judul: Pesawat Tempur TNI AU Latihan di Langit Aceh. Dalam video yang diunggah terdapat deskripsi bahwa selama 10 hari kedepan enam pesawat tempur TNI angkatan udara jenis hawk 100/200 akan melakukan latihan di langit paling ujung barat indonesia.

Dilansir dari website TNI Angkatan Udara, Pesawat BAE Hawk merupakan jet tempur yang diproduksi oleh Britania Raya (Inggris Raya). Hawk Mk 109 / 209 merupakan kode untuk Hawker-Siddeley Hawk yang diekspor ke Indonesia yang mulai melengkapi TNI-AU sejak tahun 1997.
Tidak ditemukan informasi mengenai pesawat tua Indonesia yang menantang pesawat Australia seperti yang dicantumkan dalam judul video.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=mesVwEkh0W8
https://tni-au.mil.id/portfolio/bae-hawk-209/