[SALAH] Video “EKSEKUSI SETENGAH JAM YANG LALU – MALAYSIA – UCRANIA”

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan Malaysia. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan beberapa artikel yang salah satunya berkaitan dengan konflik Ukraina dengan Rusia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/jljQQ (arsip cadangan).

NARASI: “EKSEKUSI SETENGAH JAM YANG LALU – MALAYSIA – UCRANIA – DUNIA MILITER UPDATE – BERITA TERKINI”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan Malaysia. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan beberapa artikel yang salah satunya berkaitan dengan konflik Ukraina dengan Rusia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, KOMPASTV di YouTube pada 27 Nov 2021: “KOMPAS.TV – Bermarkas di Mojokerto, Jawa Timur, Pasukan Yonif Para Raider 503/Mayangkara adalah pasukan bantuan tempur di bawah divisi 2 Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad). …” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, KOMPAS.TV pada 11 Sep 2022: “Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, gembira dengan hasil serangan balik cepat Kiev, mengolok-olok Moskow dengan menyebut, “Pasukan Rusia hari-hari ini mendemonstrasikan kemampuan terbaik yang bisa dilakukan mereka—berbalik. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

VOI pada 12 Sep 2022: “”Dalam kemajuan di Kharkiv, kami mulai maju tidak hanya ke selatan dan timur, tetapi juga ke utara. Ada 50 km untuk pergi ke perbatasan negara (dengan Rusia),” kata kepala komandan Ukraina Jenderal Valeriy Zaluzhnyi di Telegram, melansir Reuters 11 September. …” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Intip Latihan Tempur Yonif Para Raider 503/Mayangkara”, https://bit.ly/3zXY5n8 / https://archive.ph/fIA0A (arsip cadangan).

[3] kompas.tv: “Serangan Balik Ukraina Sukses Besar, Pukul Mundur Pasukan Rusia hingga 50km Dekat Perbatasan”, https://bit.ly/3KDiR03 / https://archive.ph/rQvFg (arsip cadangan).

[4] voi.id: “Dipukul Mundur Pasukan Ukraina di Kharkiv, Tentara Rusia Tinggalkan Benteng Pertahanan”, https://bit.ly/41xEXba / https://archive.ph/XpjBk (arsip cadangan).