[SALAH] “Presiden Jokowi Hengkang Dari Partai PDIP Perjuangan Pada Malam Ini (10 April 2023)”

Informasi yang menyesatkan. Faktanya, foto di video adalah foto ketika Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-50 PDI-P di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). Selain itu, tidak ditemukan informasi yang valid bahwa Presiden Jokowi keluar dari PDI-P.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Seputar nusantara (fb.com/Seputarnusantara2024) pada 10 April 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, Wapres Ma’ruf Amin, Puan Maharani dan beberapa orang lain dengan narasi:

“BREAKING NEWS!!! Presiden Jokowi Hengkang Dari Partai PDIP Perjuangan Pada Malam Ini, Benarkah-“

Sumber: archive.ph/IBcw7 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, Wapres Ma’ruf Amin, Puan Maharani dan beberapa orang lain dengan narasi bahwa Presiden Jokowi hengkang atau keluar dari PDI Perjuangan merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, klaim tersebut merupakan informasi yang menyesatkan. Foto di video adalah foto ketika Presiden Joko Widodo menghadiri acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-50 PDI-P di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/1/2023). Selain itu, tidak ditemukan informasi yang valid bahwa Presiden Jokowi keluar dari PDI-P.

Foto yang identik, dimuat di artikel berjudul “Pengamat: Isi pidato Megawati tak kerdilkan posisi Presiden Jokowi” yang terbit di situs jatim.antaranews.com┬ápada 13 Januari 2023. Foto ini diberi narasi: “Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kedua dari kiri) bersama Presiden Joko Widodo saat perayaan HUT partai tersebut ke-50 tahun beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-PDI Perjuangan”

Selain itu, berdasarkan hasil penelusuran di mesin pencari, tidak ditemukan informasi yang valid mengenai keluarnya Presiden Jokowi dari PDI Perjuangan.

REFERENSI
https://jatim.antaranews.com/berita/672102/pengamat-isi-pidato-megawati-tak-kerdilkan-posisi-presiden-jokowi

About Adi Syafitrah 1568 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo