[SALAH] Ustadz Maulana Meninggal Gantung Diri

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Sosok ustadz yang dimaksud dalam isi videonya bukanlah Ustadz Maulana, namun merupakan ustadz asal Samarinda berinisial WI.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1679641598.3948/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “INNALILLAHI, Ustadz Ternama Meninggal Dunia Gantung Diri, Usai Sholat Subuh Bersama Jamaah”

===========

[PENJELASAN]: Dalam unggahan video yang diunggah oleh akun Youtube bernama Family Entertainment terdapat sebuah gambar thumbnail yang memuat foto Ustadz Maulana disertai narasi yang mengatakan bahwa adanya kejadian gantung diri yang dilakukan oleh ustadz ternama.

Dengan judul dan gambar thumbnail seperti itu maka seakan-akan Ustadz Maulana memiliki keterkaitan dalam isi konten tersebut, namun nyatanya yang dibahas telah meninggal gantung diri tersebut bukanlah Ustadz Maulana.

Ternyata dalam video berdurasi 3 menit tersebut yang disebut telah meninggal adalah seorang pria berinisial WI (45) asal Samarinda yang pada tahun 2021 lalu ditemukan meninggal gantung diri.

Informasi yang diberikan oleh unggahan tersebut merupakan informasi yang tidak benar, karena yang dikabarkan meninggal adalah istri dari Ustadz Maulana, Ustadz Maulana sendiri masih terlihat aktif jika dilihat dari sosial media Instagram pribadinya.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.merdeka.com/peristiwa/usai-salat-subuh-ustaz-di-samarinda-ditemukan-tewas-gantung-diri.html