[SALAH] Lesty Kejora Mengalami KDRT 2 Kali, Dikabarkan Meninggal

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak ada informasi di sepanjang video yang menyebutkan bahwa Lesty kembali mengalami KDRT dan dikabarkan meninggal.

===========

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1679641713.192088/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “Breaking News. Lesti Kejora Alami KDRT 2 Kali. Lesti Dikabarkan Meninggal Dunia”

===========

[PENJELASAN]: Muncul sebuah unggahan video di Youtube dari akun bernama Ragam Informasi, yang pada 20 Maret 2023 lalu mengunggah video yang menggiring opini publik seolah Lesty telah meninggal usai alami KDRT lagi.

Video diawali dengan kilas balik permasalahan KDRT yang dialami Lesty pada 2022 silam, peristiwa KDRT yang dilakukan oleh Billar kepada Lesty tersebut berawal dari Lesty yang mengetahui suaminya, Rizky Billar, berselingkuh. Kasus tersebut pun sudah lama selesai sejak Oktober 2022 lalu.

Lalu pembahasan video tiba-tiba beralih ke pemberitaan bahwa Lesty meninggal usai mengalami kecelakaan maut di jalur Pantura, nyatanya pemberitaan tersebut juga merupakan kabar yang tidak benar karena hingga saat artikel ini ditulis Lesty Kejora masih terlihat aktif di Instagramnya.

Dapat disimpulkan bahwa unggahan tersebut berisi klaim yang tidak benar pada judul dan thumbnail unggahan mengenai kondisi Lesty Kejora, peristiwa KDRT yang ia alami sudah terjadi pada tahun 2022 lalu dan kabar meninggalnya Lesty pun juga tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://news.detik.com/berita/d-6345991/kronologi-kdrt-lesti-kejora-berujung-rizky-billar-ditahan-polisi

https://www.instagram.com/p/CqBArVhvREy/