[SALAH] Gelombang Tinggi Lenyapkan Kota di Indonesia

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi tentang gelombang tinggi yang melenyapkan kota di Indonesia. Dalam video hanya disampaikan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi menerjang wilayah perairan Indonesia.

=====

[KATEGORI]: Koneksi yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1678984513.414078/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “LENYAP SEKETIKA… INDONESIA HARI INI MENANGIS GELOMBANG TINGGI TABRAK WILAYAH INI”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Performa Channel mengunggah video dengan klaim bahwa telah terjadi fenomena alam gelombang tinggi yang mengakibatkan lenyapnya kota di Indonesia. Pada judul video yang diunggah pada 16 Maret 2023 dituliskan bahwa gelombang tsunami menenggelamkan 25 kota dalam sekejap.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi mengenai gelombang tsunami yang terjadi di wilayah Indonesia. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel Jabar News dengan judul “Waspada Gelombang Tinggi 1,25 Sampai 6 Meter Berpotensi Menerjang Perairan Indonesia”, yang diunggah pada 28 Februari 2023.

Dalam artikel tersebut berisi peringatan dini potensi gelombang tinggi 1,25 sampai 6 meter yang berpotensi menerjang beberapa perairan hingga samudera di Indonesia.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.jabarnews.com/nasional/waspada-gelombang-tinggi-125-sampai-6-meter-berpotensi-menerjang-perairan-indonesia/3/