[SALAH] Ayah Brigadir J Ditahan Usai Hina Kapolri

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi yang salah. Dalam video tersebut hanya menyampaikan informasi kekecewaan ayah Brigadir Yosua atas hasil sidang kode etik yang dijalani Bharada E.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1678986132.950634/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Geger:exclamation:Ayah Brigadir J Ditahan !? Usai Hina Kapolri Kini Ortu Yosua R3smi jadi Tersangka:interrobang:

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah video diunggah di Youtube dengan klaim Ayah Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Samuel Hutabarat, ditangkap dan ditahan setelah menghina Kapolri. Dalam thumbnail video terdapat gambar Samuel yang menggunakan baju tahanan bersama dua orang polisi.

Gambar pada thumbnail tersebut bisa dipastikan merupakan hasil manipulasi. Sedangkan dalam video tidak ada informasi mengenai penangkapan Samuel terkait dengan penghinaan Kapolri seperti yang disebutkan dalam video.

Narasi yang dibacakan pada video hanya berisi informasi kekecewaan Samuel mengenai hasil sidang etik kepolisian Bharada Richard Eliezer, salah satu terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Sebelumnya Richard Elizer dijatuhi vonis 18 bulan penjara dan berdasarkan hasil sidang kode etik, ia tidak dipecat dari Polri.

=====

[REFERENSI]:

– https://regional.kompas.com/read/2023/02/23/111557078/ayah-brigadir-j-kecewa-richard-eliezer-tak-dipecat-sudah-tembak-anak-saya
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230222214909-12-916664/ayah-brigadir-j-kecewa-harusnya-polri-pecat-bharada-e