[SALAH] Foto Banyak Orang Mengantre Sampai Ada yang Pingsan untuk Beli Jam Jepang di Mall Grand Indonesia

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya pihak Mall Grand Indonesia membantah terjadinya insiden tersebut, selain itu tidak ada merek jam asal Jepang yang bernama “Osazuki” seperti yang disebut dalam unggahan tersebut. Foto-foto yang menampilkan Grand Indonesia yang menunjukkan sekumpulan orang mengantre adalah hasil manipulasi dan foto orang pingsan merupakan kejadian di Singapura. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/CNcbo

= = =

Narasi:

“Ya Tuhan, banyak sekali orang pingsan di mal di Jakarta. Semuanya harap segera pulang

Baru saja memasuki tahun baru, namun sebuah kejadian mengerikan menimpa masyarakat Indonesia:sob:. Kemarin, brand jam tangan ternama asal Jepang Osazuki membuka cabang pertamanya di Jakarta…”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di Facebook yang membagikan foto kumpulan orang terlihat sedang mengantre di depan Mall Grand Indonesia, kemudian foto kedua menunjukkan seseorang yang pingsan. Narasi dalam postingan tersebut menyebut antrean tersebut terjadi karena adanya merek jam Jepang bernama “Osazuki” yang baru membuka toko pertamanya di Indonesia.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, melalui AFP pihak humas Mall Grand Indonesia membantah adanya insiden tersebut, selain itu hasil penelusuran melalui Google Search tidak ditemukan merek jam asal Jepang yang bernama “Osazuki”. Hasil penelusuran foto pertama yang disematkan dalam unggahan tersebut merupakan hasil manipulasi dan foto kedua merupakan insiden yang terjadi di Singapura. Hoaks lama yang serupa sebelumnya juga sempat beredar pada 30 Desember 2022 dan telah dibantah oleh Pemeriksa Fakta Mafindo.

Foto pertama menunjukkan antrean panjang di depan Mall Grand Indonesia adalah hasil manipulasi dari dua gambar yang berbeda. Dilansir dari AFP, kedua gambar tersebut adalah tangkapan Google Street View di depan Grand Indonesia dan gambar antrean orang berada di Mall MyTown Kuala Lumpur, Malaysia, yang pada saat itu sedang ada diskon iPhone dan MacBook Pro.

Foto kedua menunjukkan seseorang sedang pingsan. Dilansir dari AFP, merupakan insiden yang terjadi di Singapura, tepatnya berada di luar toko Huawei Jurong Point yang pada saat itu produk Huawei sedang ada promo besar sehingga terjadi kepadatan antrean yang menyebabkan seorang lansia pingsan. Foto tersebut sudah lama dipublikasi melalui laman mothership.sg sejak 2019.

Ini adalah modus operandi menulis seolah artikel biasa namun kenyataannya adalah iklan toko online.

Dengan demikian, foto banyak orang mengantre sampai ada yang pingsan untuk beli jam Jepang di Mall Grand Indonesia adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.339U4H8

https://web.archive.org/web/20220929144914/https://mothership.sg/2019/07/elderly-woman-faints-huawei-jurong-point/

= = =

Lanjutan narasi:

“…Untuk merayakan pembukaan dan tahun baru, toko tersebut memutuskan untuk memberikan diskon 50%, khususnya paket kombo yang menarik beli 1 gratis 1 hanya dengan Rp749.000 (dihitung kurang dari Rp400.000/1 buah):scream:. Orang-orang sangat antusias dengan promosi ini dan datang ke sini dalam jumlah besar. Saya juga datang sangat awal dan masih harus mengantri lebih dari 4 jam untuk membeli. Situasi semakin parah karena banyak orang pingsan karena kelelahan dan kekurangan oksigen:dizzy_face:

Menyadari bahwa insiden tersebut terlalu serius, toko tersebut mengumumkan penjualan dan diskon online di beranda. Mereka tetap menerapkan promosi 50% beli 1 gratis 1 dan gratis ongkos kirim. Perusahaan menyarankan orang untuk membeli secara online untuk menghindari antrean dan menghindari insiden yang tidak menguntungkan, situs web resmi: https://www.eropaperalatan[dot]online/jam-tangan-pintar…

Ini adalah versi baru dan paling modern yang dirilis pada tahun 2023. Versi ini dirancang dengan layar besar, kaca safir tahan gores dan tahan benturan. Lini jam tangan pintar ini selalu menonjol dan populer berkat fitur pemantauan kesehatannya: mengukur tekanan darah, detak jantung, kadar oksigen dalam darah, … dan menghitung kalori yang dikonsumsi untuk mendukung olahraga. Selain itu, konektivitas serbaguna (IOS, Android), panggilan, perpesanan, email, jejaring sosial juga dioptimalkan untuk penggunaan yang lebih lancar dan peningkatan kapasitas baterai hingga 72 jam. Didesain dengan pinggiran baja bulat dengan 3 warna: hitam, putih, merah muda, jam tangan ini dapat menjadi aksesori yang bermanfaat sekaligus dapat menjadi hadiah untuk diberikan kepada teman dan anggota keluarga

Untuk membeli jam tangan ini dengan cepat dan aman, silahkan order di official page : https://www.eropaperalatan[dot]online/jam-tangan-pintar…

Karena promo hanya berlangsung selama 2 hari, jadi buruan. Toko akan memberikan pengiriman gratis dan pembayaran setelah diterima”

===