[SALAH] SRI MULYANI BONGKAR SEMUANYA, 23 TRILIUN MASUK KANTONG ANIES

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan editan dari video pernyataan Sri Mulyani saat kegiatan Musrenbang RPJMD DKI Jakarta 2018-2022, tanggapan Djarot atas Usulan RAPBD DKI 2020 yang dikritik, serta video Anies Baswedan yang diedit dengan narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1678078925.833481/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
SRI MULYANI BONGKAR SEMUANYA, 23 TRILIUN MASUK KANTONG ANIES

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube POJOK DUNIA mengunggah video yang berjudul “SRI MULYANI BONGKAR SEMUANYA, 23 TRILIUN MASUK KANTONG ANIES”. Video tersebut diunggah pada tanggal 24 Februari 2023 dengan narasi bahwa Anies menantang Sri Mulyani cek anggaran dengan arogan.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang tidak sesuai. Video pertama yang dicuplik adalah video pidato Sri Mulyani saat kegiatan Musrenbang RPJMD DKI Jakarta 2018-2022 yang diunggah oleh akun Youtube PEMPROV DKI JAKARTA pada tangggal 7 Januari 2019.

Video kedua yang dicuplik adalah video pernyataan Sri Mulyani saat menjadi narasumber dalam diskusi Peringatan Hari Ibu di Indonesia tahun 2019 yang disiarkan secara langsung melalui akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 22 Desember 2019 dengan judul: “PEREMPUAN HEBAT UNTUK INDONESIA MAJU”.

Video pernyataan Djarot Saiful Hidayat sebenarnya merupakan video tanggapannya atas Usulan RAPBD DKI 2020 yang dikritik. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut meyakini bahwa kesalahan ini bukan terletak pada Gubernur DKI Anies Baswedan. Liputan wawancara Djarot diunggal oleh akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 1 November 2019 dengan judul: “RAPBD 2020 Janggal, Djarot: Jangan Salahkan Anies”.

Video lain yang dicuplik adalah video saat Anies Baswedan menghadiri acara jalan sehat yang digelar Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Kalimantan Timur yang diungah oleh akun Youtube METRO TV pada tanggal 19 Februari 2023 serta video pidato Anies Baswedan saat perayaan Hari Anti Korupsi pada tanggal 9 Desember 2016.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=ijeDlrRE9eM
https://www.youtube.com/watch?v=0vBRCBekgF8
https://www.youtube.com/watch?v=vL-UnR8CfIs
https://www.youtube.com/watch?v=KbCuGhzVC7Q