[SALAH] JOKOWI UMUMKAN CALON PENGGANTI KETUA KPK

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan, dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Jokowi umumkan calon pengganti ketua KPK. Thumbnail pada video tersebut merupakan gambar hasil manipulasi.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1677998841.382232/singlefile.html (Youtube)

====

[NARASI]:
VIRAL ~ Jokowi umum calon pengganti ketua KPK, ternyata ini orang nya !

UPDATE TERKINI
DIUMUMKAN DARI ISTANA
JOKOWI BOCORKAN CALON PENGGANTI KETUA KPK, INI ORANG NYA (Dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Channel youtube ISTANA POLITIK mengunggah video dengan narasi yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi mengumumkan sosok calon pengganti ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail video yang menampilkan Presiden Jokowi berpidato didampingi sejumlah pejabat tinggi negara dengan wajah Ahok yang dilingkari tersebut identik dengan gambar unggahan pada laman Kementerian Sekretariat Negara dengan judul “Presiden Jokowi: Tidak Ada Ruang bagi Perusuh dan Perusak NKRI” yang diunggah pada 22 Mei 2019.

Gambar thumbnail tersebut merupakan gambar hasil editan, pada gambar asli menampilkan wajah Jusuf Kalla dan bukan Ahok.

Melansir kompas.com, salah satu klip dalam video tersebut identik dengan video unggahan channel youtube resmi iNews id dengan judul “Presiden Jokowi Sebut Komitmen Pemberantasan Korupsi Tak Pernah Surut” yang tayang pada 7 Februari 2023.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari seword.com berjudul “Ini Bocoran 3 Nama Calon Dewan Pengawas KPK Dari Jokowi!” yang diunggah pada 18 Desember 2019.

Adapun berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, Presiden tidak dapat menunjuk seseorang secara langsung menjadi pimpinan KPK.

Berdasarkan Pasal 30 UU KPK, pimpinan KPK dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berdasarkan calon anggota yang diusulkan Presiden.

Dengan demikian, klaim bahwa Jokowi umumkan calon pengganti ketua KPK tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/03/02/193632682/hoaks-jokowi-umumkan-calon-pengganti-ketua-kpk-firli-bahuri?page=all#page2

https://www.setneg.go.id/baca/index/presiden_jokowi_tidak_ada_ruang_bagi_perusuh_dan_perusak_nkri_1

https://seword.com/umum/ini-bocoran-3-nama-calon-dewan-pengawas-kpk-dari-ACwEFbVoVK