[SALAH] Pinjaman Online Kospin Jasa Melalui Pesan Whatsapp

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, pesan tersebut merupakan pesan penipuan. Melalui akun Facebook resminya, Kospin Jasa menyatakan bahwa Kospin Jasa tidak memiliki produk pinjaman online.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

======

[SUMBER]: WHATSAPP

https://archive.vn/4CO1R

======

[NARASI]:

“Baiklah Bu apakah ibu ingin diproses malam hari ini juga Bu jika iibu ingin di proses malam hari ini juga bu saya akan lembur kerja bu

Dan jika ibu masih bersangka negative dengan perusahaan kami ibu silahan di cek web resmi kami”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah pesan mengatasnamakan Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Jasa beredar melalui aplikasi pesan Whatsapp. Di dalam pesan ini, tampak akun yang mengklaim dirinya sebagai admin dari Kospin Jasa menawarkan pinjaman online kepada penerima pesan. Akun ini juga mengirimkan tautan website resmi Kospin Jasa untuk meyakinkan penerima pesan.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait dengan pesan Whatsapp mengatasnamakan Kospin Jasa ini, ditemukan sebuah fakta yang menunjukkan bahwa pesan Whatsapp seperti ini merupakan pesan penipuan yang telah beredar sejak tahun 2019. Jika menelusuri melalui laman pencarian Google, maka kita akan diarahkan pada klarifikasi resmi dari Kospin Jasa yang menyatakan bahwa pesan Whatsapp yang menawarkan pinjaman online yang beredar di masyarakat merupakan penipuan.

Melalui akun Facebook resminya, pihak Kospin Jasa menyatakan bahwa Kospin Jasa tidak memiliki produk pinjaman online.

“TIDAK ADA PRODUK PINJAMAN ONLINE DI KOSPIN JASA.

Tetap berhati-hati ya sahabat dengan segala bentuk penipuan di sosial media saat ini. Pastikan untuk lebih kritis dalam mencari informasi dari sumber yang tepat. Jangan mudah untuk tergiur mendapatkan pinjaman uang dengan cepat & mudah via transfer online. Biasanya modus penipu adalah dengan meminta transfer sejumlah uang dahulu calon korbannya dengan dalih biaya administrasi.

Serta tetap berhati-hati terhadap pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan pinjaman online Kospin JASA.”

Jadi dapat disimpulkan bahwa pesan Whatsapp yang menawarkan pinjaman online atas nama Kospin Jasa merupakan penipuan dan termasuk ke dalam fabricated content atau konten palsu.

=====

[REFERENSI]:

https://id-id.facebook.com/kospinjasaID/posts/tidak-ada-produk-pinjaman-online-di-kospin-jasatetap-berhati-hati-ya-sahabat-den/1208513092641009/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/20966/hoaks-pinjaman-online-melalui-whatsapp/0/laporan_isu_hoaks

Editor: Adi Syafitrah