[SALAH] Indochina pada Truk Southern Hauliers Merupakan Sebutan untuk Indonesia dan China

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, tulisan Indochina yang ada di truk milik perusahaan pengangkutan barang Southern Hauliers bukan merujuk pada negara gabungan “Indochina”. Namun kata Indochina dalam hal ini merujuk pada beberapa negara di kawasan ASEAN yaitu Laos, Kamboja dan Vietnam.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

https://archive.vn/P92FM

https://web.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3655803884647385/

======

[NARASI]:

“Adakah yg bisa menjelaskan ini..? , Kok bkn Indonesia ?… emank ada negara Indochina ?.. Nah loh, sdh di-aku2 tuh …_”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan dari akun media sosial Facebook menampilkan foto sebuah truk pengangkat barang dengan nama perusahaan Southern Hauliers yang terpampang jelas di samping truk. Selain itu, ada pula tulisan beberapa negara seperti China, Indochina, Malasyia dan Singapura. Akun bernama Hermansyah ini kemudian menambahkan narasi yang mempertanyakan tentang sebutan Indochina pada foto yang dicurigai sebagai pengakuan gabungan Indonesia dan China.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait kebenaran dari foto dan narasi yang terdapat pada unggahan, ditemukan sebuah klarifikasi dari beberapa artikel yang menjelaskan hal tersebut. Melansir dari artikel periksa fakta turnbackhoax.id dengan judul, “[BENAR] Indochina di Foto Konatainer Souterhn Hauliers”, dijelaskan bahwa tulisan dalam foto yang beredar tersebut memang tulisan Indochina. Namun dalam penjelasannya, disebutkan bahwa kata “Indochina” dalam hal ini bukan merupakan gabungan dari Indonesia dan China. Indochina dalam hal ini mengacu kepada informasi mengenai negara-negara yang dilayani, yaitu Laos, Thailand dan Vietnam. Seperti dalam website resminya, Southern Hauliers juga menampilkan rute pengiriman mereka yang meliputi Thailand, Malaysia, dan Singapura sebagai rute pengiriman utama, kemudian titik-titik lain dalam kawasan ASEAN.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas, Indochina atau Semenanjung Indochina adalah wilayah di Asia Tenggara. Karena berada di timur India dan selatan Tiongkok, budaya Indochina sangat erat dengan budaya Tiongkok dan India. Sepeti nama Vietnam yang menunjukan pengaruh Tiongkok, dan nama Kamboja, Laos, Thailand, dan Myanmar merupakan pengaruh India. Ada 2 pengertian tentang Indochina, sempit dan luas:

1. Pengertian sempit; Hanya terdiri atas negara-negara bekas Indochina Prancis:

– Kamboja

– Laos

– Vietnam

2. Pengertian luas; Atau Asia Tenggara Daratan mencakup pula:

– Myanmar

– Thailand

Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan yang menampilkan foto truk Southern Hauliers dengan tulisan Indochina yang dipertanyakan dan dicurigai sebagai gabungan dari Indonesia dan China, merupakan kekeliruan dan termasuk ke dalam informasi dengan kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://makassar.tribunnews.com/2019/03/19/tribunwiki-heboh-di-twitter-kontainer-bertuliskan-indochina-ini-arti-kata-indochina

https://www.southernhauliers.com/our-routes/

Editor: Adi Syafitrah