[SALAH] ANJING ASAL INDONESIA IKUT SELAMATKAN KORBAN GEMPA TURKI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya anjing dalam foto  tersebut adalah anjing penyelamat berama Tryon yang membantu mencari korban tanah longsor di Oso, Washington 30 Maret 2014.

====

[KATEGORI]: Konteks yang salah

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1676298387.430852/singlefile.html (facebook)

====

[NARASI]: Terharu banget ya Allah..nih salah 1 anjing asal indonesia yg ikut relawan indonesia ke turky dalam misi kmanusiaan..dia menyelamatkan puluhan korban yg trtimbun reruntuhan..tak pandang ras agama dan negara dia sangat tulus mbantu manusia saat dlm ksusahan..lalu mngapa manusia trkadang mperlakukan hewan2 ini bgitu keji.. :sob:
SEHAT2 DISANA YA GANTENG..TERIMA KASIH LELAHMU DAN MAAFKN KMI JIKA TAK baik BUAT KAUMmu.. :pray::skin-tone-2::heart:

====

[PENJELASAN] :
Beredar foto di media sosial dari akun facebook Inen Syifa Syifa yang menampilkan seekor anjing berwarna putih dengan lumpur menempel di badannya. Dalam unggahan tersebut terdapat narasi yang mengklaim bahwa anjing tersebut berasal dari Indonesia dan ikut menyelamatkan korban gempa Turki.

Setelah dilakukan penelusuran, gambar tersebut identik dengan foto yang diunggah pada laman Reuters. Foto anjing putih tersebut diambil pada 30 Maret 2014 oleh seorang fotografer bernama Rick Wilking.

Dalam foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut:
Anjing penyelamat Tryon menunggu untuk melewati area dekontaminasi di tanah longsor setelah mencari korban di Oso, Washington 30 Maret 2014.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa seekor anjing yang berasal dari Indonesia ikut menyelamatkan korban gempa Turki tidak terbukti dan termasuk ke dalm konteks yang salah.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/02/11/142146082/hoaks-anjing-dari-indonesia-menyelamatkan-korban-gempa-turkiye?page=all#page2

https://pictures.reuters.com/CS.aspx?VP3=SearchResult&ITEMID=GM1EA3V0CJ301&POPUPPN=1&POPUPIID=2C0408TVS8H16