[SALAH] Lesti Kejora Meninggal Februari 2023

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Video dengan klaim Lesti Kejora salah satu pedangdut Indonesia dikabarkan meninggal dunia merupakan konten dengan kategori konteks yang salah dikarenakan klaim dan judul yang diberikan tidak sesuai dengan isi konten.

=========
[KATEGORI]
Konteks yang Salah

========
[NARASI]
“Inalillahi, Lesti Kejora Semoga Almarhumah di Terima di Sisi Allah SWT”

Sumber: Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1676437827.499503/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Pada Minggu, 12 Februari 2023 sebuah channel youtube dengan nama Rasis (https://www.youtube.com/@rasis2143) mengunggah sebuah video dengan klaim meninggalnya salah satu penyanyi dangdut ternama Indonesia, Lesti Kejora pada bulan Februari 2023.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, ternyata apa yang disampaikan oleh pengunggah pada narasi tidaklah sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul konten. Pengunggah ternyata menyampaikan berita meninggalnya ibunda dari Putri salah satu finalis D’Academy 4. Sehingga, klaim meninggalnya Lesti Kejora pada bulan Februari 2023 tidaklah benar.

Selain itu, thumbnail yang digunakan di dalam video hanyalah berupa gabungan foto yang diedit sedemikian rupa sehingga terlihat seperti Lesti Kejora telah meninggal dunia. Padahal, hingga kemarin hari Selasa, 14 Februari 2023 Lesti Kejora masih mengunggah konten di laman instagramnya (https://www.instagram.com/lestykejora).

==========
[REFERENSI]
https://www.instagram.com/reel/ColvitPBs9N/?utm_source=ig_web_copy_link