[SALAH] Ajinomoto Bisa Memutihkan Wajah

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah, Dokter Spesialis Kulit Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV menyebutkan bahwa micin yang digunakan di wajah sebagai masker secara teori tidak bisa menembus ke kulit.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[NARASI]:

“kalian percaya nggak ya kalau Ajinomoto bisa memutihkan wajah”

=====

[SUMBER]: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1677122295.41044/singlefile.html

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video yang dibagikan oleh akun Facebook bernama Rosnah. Akun tersebut membagikan video yang menunjukkan seorang wanita sedang memakai masker dari campuran tomat, Micin dan madu yang diklaim dapat memutihkan wajah.

Faktanya, melansir health.kompas.com menurut penuturan Dokter Spesialis Kulit Dr. Margaretha Indah Maharani, SpKK, FINSDV, FAADV menyebutkan MSG atau micin bisa memutihkan wajah adalah mitos. dokter Rani juga menjelaskan bahwa micin yang digunakan di wajah sebagai masker secara teori tidak bisa menembus ke kulit. Pasalnya, molekul micin relatif besar, sehingga sulit meresap sampai ke bagian dalam kulit.

“Iritasi ringan dan kemudian jadi berat akan menimbulkan efek inflamasi. Jadi misal yang sudah ada komedo, terus jadi iritasi, maka meradang. Tambah parah. Kemudian memerah, bekasnya jadi hitam. Jadi endingnya ya nggak jadi putih,” papar Rani dikutip dari Antara.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim Ajinomoto atau micin untuk memutihkan wajah adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://health.kompas.com/read/22L02200100668/apakah-micin-bisa-memutihkan-wajah-begini-jawaban-dokter-

https://www.antaranews.com/berita/3279127/benarkah-bawang-putih-bisa-obati-jerawat