[SALAH] Surat Penetapan Penerima Bantuan Fisik Pendidikan SMP oleh Kemendikbudristek

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Surat palsu. Direktorat Sekolah Menengah Ditjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tidak pernah mengambil keuntungan dalam berbagai bentuk ketika memberikan pelayanan, bimbingan teknis, penyaluran bantuan, dan lain-lain.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

Kategori: Konten Tiruan

===========================================
Sumber: I Flyer

===========================================
Narasi:
“KEPUTUSAN
KUASA PENGGUNA ANGGARAN SATUAN KERSA DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET, DAN TEKNOLOGI

Nomor : 15002/C3/KPA/XII/KP/2022

TENTANG

PENETAPAN PENERIMA BANTUAN FISIK PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN ANGGARAN 2022

KUASA PENGGUNA ANGGARAN
SATUAN KERJA DIREKTORAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA”

PENJELASAN
Beredar surat penetapan keputusan penerima bantuan fisik pendidikan tingkat sekolah menengah pertama tahun anggaran 2022 dengan nomor surat 15002/C3/KPA/XII/KP/2022 mengatasnamakan Direktorat Sekolah Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Faktanya, surat tersebut tidak benar. Dalam unggahan akun Instagram @ditsmp.kemendikbud memamstikan surat yang beredar adalah palsu. Dalam postingan tersebut menjelaskan langkah-langkah untuk menelusuri kebenaran informasi pada surat salah satunya melakukan pengecekan keaslian melalui laman persuratan.kemendikbud.go.id/login/ceksurat. Perlu diingat pula dalam memberikan pelayananan Kemendikbudristek tidak pernah mengambil keuntungan dalam berbagai bentuk.

Berdasarkan penjelasan di atas surat surat penetapan keputusan penerima bantuan fisik pendidikan tingkat sekolah menengah pertama tahun anggaran 2022 adalah hoaks dan masuk kategori konten tiruan.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/CoixL5fyJrX/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

https://ditsmp.kemdikbud.go.id/hati-hati-penipuan-pastikan-kebenaran-informasi-pada-surat/