[SALAH] Gambar Mahasiswa Indonesia Terima Penghargaan Nobel Kedokteran Atas Penemuan Obat Diabetes

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, seseorang pada gambar tersebut bernama Syed Saddiq Abdul Rahman seorang politisi asal Malaysia dan Nobel Kedokteran 2022 dimenangkan oleh Svante Paabo.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1676844862.899966/singlefile.html

= = = = =
NARASI:

“MAHASISWA JENIUS ASAL INDONESIA INI MENERIMA PENGHARGAAN KEDOKTERAN NASIONAL TERTINGGI ATAS PENEMUAN OBAT UNTUK MENGOBATI DIABETES”
Caption
“Mahasiswa jenius asal Indonesia ini menerima penghargaan kedokteran nasional tertinggi atas penemuan obat untuk mengobati DIABETES.”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Animar3D memposting sebuah narasi yang menginformasikan mahasiswa Indonesia mendapatkan penghargaan kedokteran nasional tertinggi atas penemuan obat untuk diabetes. Dalam postingan tersebut juga terdapat foto seorang anak muda yang tengah di wawancarai serta terdapat logo CNN. Postingan tersebut diunggah pada 9 Februari 2023 pukul 01.58.

Setelah ditelusuri menggunakan google image ditemukan informasi bahwa seorang anak muda tersebut bernama Syed Saddiq Abdul Rahman seorang politisi asal Malaysia. Syed Saddiq merupakan lulusan hukum dari International Islamic University Malaysia. Lebih lanjut Nobel Kedokteran 2022 dimenangkan oleh Svante Paabo. Postingan tersebut merupakan click bait yang mana link yang diposting jika dibuka terhubung dengan situs restoran, namun sengaja dimanipulasi metadata previewnya sehingga hal lain yang mucul di Facebook.

Dengan demikian klaim bahwa gambar tersebut adalah seorang mahasiswa Indonesia yang menerima penghargaan tertinggi kedokteran atas penemuan obat diabetes tidak benar. Seseorang pada gambar tersebut bernama Syed Saddiq Abdul Rahman seorang politisi asal Malaysia dan Nobel Kedokteran 2022 dimenangkan oleh Svante Paabo, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://www.malaymail.com/news/malaysia/2019/10/23/syed-saddiq-threatens-open-season-on-dap-unless-party-punishes-ronnie-liu/1802894?fbclid=IwAR2Ol2RCYf1vpinuahYFQ8WtRTUIj5Q2n0yaQ4yi9LnpqFbcvJR6pdj5vR0
https://www.liputan6.com/global/read/4614015/rumor-cinta-hingga-menteri-termuda-ini-5-fakta-syed-saddiq-yang-didakwa-kasus-korupsi
https://www.kompas.com/global/read/2022/10/03/185800970/svante-paabo-raih-nobel-kedokteran-2022-ini-temuannya

.