[SALAH] SURYA PALOH DICULIK PENDUKUNG ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak sesuai, dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa pendukung Anies menculik Surya Paloh.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1675951712.96623/singlefile.html

====

[NARASI]:
g3mpar !! Surya Paloh dicvlik segerombolan pendukung 4nies dih4 jar h4bis-h4bisan 4parat

MENGEJUTKAN
SURYA PALOH NEKAD DICULIK
TAK MAIN-MAIN PARA PENDUKUNG ANIES DIBOMBARDIR APARAT HINGGA BEGINI (Dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Halaman facebook bernama Camellia pada 6 Februari 2023 membagikan video dengan narasi yang menyatakan bahwa Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh diculik oleh segerombolan pendukung Anies dan disebutkan juga bahwa pendukung Anies dibombardir aparat setelah melakukan aksinya.

Melansir kompas.com, diawal video tersebut menampilkan potongan video yang identik dengan video unggahan youtube tvOneNews dengan judul “Adu Argumen! Andy Budiman vs Geisz Soal PSI Rajin Kritik Anies | Catatan Demokrasi tvOne” pada tanggal 26 April 2022.

Narator dalam video tersebut membacakan artikel dari seword.com berjudul “Pendukung Anies Mulai Gerah, Peringatkan Nasdem Untuk Tetap Setia Pada Anies” yang dunggah pada 3 Februari 2023.

Thumbnail dalam video tersebut juga merupakan gambar yang telah diedit. Gambar yang menampilkan aparat berseragam hitam sedang menangkap seseorang tersebut identik dengan gambar yang diunggah oleh suara.com pada artikel yang berjudul “Polisi Banting Mahasiswa saat Demo, DPR: Sangat Disesalkan Gaya Smackdown Seperti Itu” pada tanggal 13 Oktober 2021.

Berdasarkan penjelasan diatas, klaim bahwa Surya Paloh diculik oleh segerombolan pendukung Anies tidak terbukti, judul dengan isi video sama sekali tidak sesuai sehingga termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/02/08/181800582/hoaks-surya-paloh-diculik-pendukung-anies-baswedan?page=all#page2

https://seword.com/politik/pendukung-anies-mulai-gerah-peringatkan-nasdem-LsiMCub3qS

https://www.suara.com/news/2021/10/13/163659/polisi-banting-mahasiswa-saat-demo-dpr-sangat-disesalkan-gaya-smackdown-seperti-itu