[SALAH] Suramadu Macet Total Sambut Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Dalam video tersebut tidak terdapat penjelasan mengenai kemeriahan kunjungan Anies Baswedan ke Suramadu. Narasi dalam video justru menjelaskan bahwa kedatangan Anies ke wilayah Jawa Timur ditunggu oleh pendukungnya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1676380147.101041/singlefile.html (Youtube)

=====

[NARASI]: โ€œSangat Meriah, Suramadu Sampai Macet Total:exclamation:Kofifah Dan Nu Sejatim Sambut Kedatangan Anies Baswedan:bangbang:โ€

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Lidah Rakyat mengunggah video dengan klaim Suramadu alami macet total ketika menyambut kedatangan Anies Baswedan. Dalam video tersebut berisi cuplikan video beberapa tokoh yang memberikan pendapat mengenai pribadi Anies Baswedan.

Namun jika menonton video secara keseluruhan, tidak terdapat penjelasan mengenai kemeriahan kunjungan Anies Baswedan ke Jawa Timur, khususnya ke Suramadu.

Narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah KBA News dengan judul โ€œGelombang Besar Dukungan Anies Baswedan di Jawa Timur, Sinyal Kuat Menang Telakโ€. Dalam artikel tersebut, menjelaskan bahwa kedatangan Anies ditunggu oleh pendukungnya karena Anies belum melakukan safari politik ke wilayah Jawa Timur.

Dikutip dari Tempo, kunjungan terakhir Anies ke wilayah Jawa Timur adalah ke Pondok Pesantren Zainul Hasang Genggong, Probolinggom pada Rabu, 26 Oktober 2022. Dalam kunjungannya terseebut, Anies menyebut belum memulai kampanye.

=====

[REFERENSI]:

– https://kbanews.com/pilihan-redaksi/gelombang-besar-dukungan-anies-baswedan-di-jawa-timur-sinyal-kuat-menang-telak/https://metro.tempo.co/read/1650607/kunjungi-dua-ponpes-di-jateng-dan-jatim-anies-baswedan-bilang-belum-kampanye